Mengenal Cianjur dari Berbagai Sudut

Selain Enak, Ini 5 Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan

2

CianjurKUY – Semangka adalah salah satu yang paling disukai di musim panas. ini memiliki rasa yang manis dan berair, dan dapat dimakan langsung dari tangan atau diubah menjadi yang menyegarkan.

Semangka ini juga diyakini menawarkan beberapa manfaat kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat semangka dapat meningkatkan kesehatan Anda:

Semangka dapat membantu menurunkan berat badan

Semangka adalah yang rendah kalori,  mengandung sekitar 90 kalori per cangkir, yaitu sekitar sepertiga dari rata-rata asupan kalori harian untuk wanita dewasa.

Hal ini membuatnya ideal untuk menurunkan berat badan karena dapat membuat Anda kenyang tanpa menambahkan kalori ekstra ke dalam diet Anda.

Semangka juga mengandung banyak air, yang membantu Anda merasa kenyang dan berenergi sekaligus menjaga Anda tetap terhidrasi sepanjang hari.

Kandungan air yang tinggi menjadikannya sumber serat yang baik juga. Serat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan mengatur kadar gula darah dengan memperlambat seberapa cepat makanan bergerak melalui saluran pencernaan Anda (1).

Mencegah kanker

Semangka adalah sumber likopen yang sangat baik, antioksidan kuat yang dapat membantu mencegah kanker. Likopen ditemukan di bagian yang berdaging merah muda, jadi penting untuk memastikan Anda makan semangka mentah daripada dimasak.

Penelitian menunjukkan bahwa likopen dapat menurunkan risiko kanker prostat dan kanker payudara, menurut National Cancer Institute.

Ini juga dapat melindungi terhadap kanker paru-paru dan usus besar serta penyakit jantung dengan mengurangi tekanan darah dan peradangan pada pembuluh darah Anda, catat Healthline.

Meningkatkan kesehatan jantung

Semangka adalah sumber likopen dan beta-karoten yang baik, keduanya merupakan antioksidan yang dapat membantu melindungi terhadap penyakit jantung dan kanker.

American Heart Association merekomendasikan makan 8 hingga 10 porsi buah dan sayuran setiap hari untuk memberi Anda nutrisi yang Anda butuhkan untuk kesehatan optimal.

Semangka bisa menjadi salah satu dari buah-buahan tersebut. Ukuran porsi semangka adalah 1 cangkir, yang dihitung sebagai satu porsi buah dalam rencana diet AHA.

Baca Juga : Manfaat Bawang Putih, Si Penyedap Rasa Untuk Kesehatan

Dapat mengurangi kelelahan dan nyeri otot

Semangka adalah sumber vitamin B6 yang baik, yang membantu menghasilkan energi dalam tubuh. Vitamin C penting untuk membantu tubuh menyerap dan menggunakan zat besi.

Ini membantu mencegah anemia dan kelelahan. Vitamin A penting untuk kesehatan mata, kulit dan sistem kekebalan tubuh.

Melawan peradangan

Likopen, karotenoid yang ditemukan dalam semangka, dapat membantu mengurangi peradangan. Karotenoid adalah pigmen yang memberi warna cerah pada buah dan sayuran. Mereka juga terkait dengan manfaat seperti kesehatan jantung dan pencegahan kanker.

Likopen dalam semangka telah terbukti mengurangi risiko penyakit jantung koroner, terutama ketika dimakan dengan minyak zaitun atau saus tomat (meskipun perlu dicatat bahwa ada lain untuk mendapatkan lebih banyak likopen dalam diet Anda).

Diperkirakan bahwa tomat dan semangka mengandung antioksidan serupa yang disebut karotenoid, termasuk alfa-karoten dan beta-karoten.

Antioksidan ini dapat membantu mencegah kanker dengan menetralkan radikal bebas – molekul oksigen yang tidak stabil yang telah dikaitkan dengan kerusakan sel yang menyebabkan pertumbuhan kanker – dan meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dengan memperkuat sel darah putih melawan infeksi.

Semangka adalah buah yang bagus untuk dimakan, terutama jika Anda ingin meningkatkan kesehatan Anda. Semangka memiliki banyak sekali manfaat, mulai dari penurunan berat badan hingga menurunkan kolesterol dan lebih banyak energi. Ditambah lagi, rasanya lezat!

2 Comments
  1. […] Baca juga : Selain Enak, Ini 5 Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan […]

  2. […] Baca juga : Selain Enak, Ini 5 Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.