Mengenal Cianjur dari Berbagai Sudut

Kuy, Kita Bisnis Food and Beverages

0

Perkembangan usaha food and beverages saat ini hampir tidak ada surutnya, hampir di semua Kabupaten / Kota di Indonesia berjamur jenis usaha ini.

Terlebih lagi generasi milenial saat ini menyukai tempat-tempat nongkrong kekinian untuk pergaulan mereka, bahkan terkadang tempat nongkrong menjadi salah satu penunjuk kelas pergaulan mereka.

Peluang yang sangat menguntungkan, membuat banyak orang terutama para anak muda tertarik untuk menjajal sektor bisnis yang satu ini.

Namun demikian, layaknya seperti bisnis pada umumnya sebenarnya usaha food and beverages sama-sama memiliki risiko yang harus siap dihadapi.

Kerugian adalah salah satu permasalahan utama yang akan dihadapi oleh para pebisnis ini. Untuk menghindari atau mengurangi kerugian, selayaknya seorang pelaku usaha harus bisa menerapkan dan strategi yang tepat.

Sebelum kita membahas tentang bagaimana dan strategi usahakita harus bisa memahami dahulu apa seh food and beverages itu?.

Berdasarkan banyak literasi yang ada, Food and beverages atau F&B adalah industri bisnis yang melibatkan pemrosesan bahan makanan, pengemasan  makanan, pendistribusian, hingga cara penyajiannya kepada para konsumen.

Ini merupakan pengertian food  and beverages secara umum, agar lebih jelas ada beberapa contoh bisnis yang bergerak disektor F&B antara lain : kafe, restoran, hotel, toko makanan cepat saji, bisnis ketering dan lainnya.

Perkembangan Usaha Food and Beverages Saat Ini.

Junk Food / Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji atau junk food juga termasuk trend bisnis food and beverages yang banyak diminati oleh kalangan masyarakat apalagi kaum anak muda.

Keberadaan makanan cepat saji saat ini sangat mudah untuk ditemui  dan memiliki pasar / permintaan yang luas. Beberapa junk food bisa menjadi rekomendasi untuk anda antara lain olahan burger, mie (warmindo), pizza dan kentang goreng dan lainnya.

Bahkan saat ini sudah banyak menjamur makanan cepat saji yang sangat berkembang menajadi bisnis franchises, misalkan burger, ayam geprek, ayam goreng, teh dan lainnya.

Agar tidak kalah dari kalah dari persaingan dibisnis F&B, anda harus banyak melakukan banyak riset dari kompetitor dan tentu saja anda harus memiliki inovasi baru untuk dapat mengkangkat bisnis F&B anda.

Dessert / Kue 

Beberpa tahun belakangan ini, dessert atau makanan manis juga sangat populer, bahkan para artis Jakarta banyak membuka usaha jenis ini. Makanan yang cenderung diminati anak anak, kaum muda ternyata juga menarik orang dewasa untuk menikmatinya.

Salah satu menu desert kekinian dan akan bertahan untuk beberapa tahun ke depan adalah dessert box. makanan ini disajikan dalam packeging berbentuk kotak seperti box dan ada beberapa varian yang menjadi favorit pencinta makanan manis yaitu chocolate, oreo,tiramisu dan lainnya.

Kekinian

Berjamurnya berbagai macam jenis dan menjadi tren dikalangan masyarakat, khusus nya kalangan anak muda. Misalkan kopi, boba, thai tea, green tea dengan berbagai kombinasi rasa yang lebih modern atau kekinian.

Bahkan di Kota kami sudah banyak tempat yang menjual minuman kekinian yang sifatnya franchises, baik itu produk lokal Indonesia, bahkan dari luar negeri.

Beberapa tempat nongkrong kekinian yang menjamur bermunculan juga menjadi inspirasi untuk anda yang tertarik dengan sektor minuman kekinian.

Anda juga harus menambahkan inovasi yang unik sebagai pembeda tempat anda dengan tempat lainnya. Inovasi inipun menjadi daya tarik banyak konsumen, sehingga meningkatkan penjualan anda.

Sukses Berbisnis Food and Beverages.

Menentukan Target Pasar

Target pasar adalah acuan penting untuk Anda ketika melakukan strategi marketing. Oleh sebab itu, pastikan sektor trend bisnis food and beverages yang Anda pilih sudah sesuai dengan target pasar atau konsumen yang Anda inginkan.

Anda juga harus menyesuaikan usaha F&B dengan kemampuan daya beli komsumen, misalnya anda ingin membuka bisnis kekinian dengan target pasar atau komsumen utamanya anak-anak muda muda anak anak sekolah dan mahasiswa maka anda harus menyesuikan harga dengan kantong mereka.

Pilih Lokasi yang Strategis.

Membuka usaha pasti butuh tempat yang ramai dan mudah dikunjungi oleh konsumen, atau bisa dikatakan  dengan lokasi yang strategis.

Umumnya tempat strategis memiliki biaya sewa yang sangat tinggi sehingga anda perlu menyiapkan budget lebih untuk buka usaha F&B.

Lokasi usaha harus disesuikan dengan target pasar komsumen anda, misalkan anda membuka usaha minuman kopi dengan target pasar anak-anak muda. Maka lokasi tempat usaha anda harus dekat sekolah ataupun kampus.

Anda juga harus menyiapkan fasilitas wi-fi dengan parkiran yang aman agar menarik komsumen jadi merasa lebih nyaman dan aman. Selain itu juga harus memiliki konsep yang unik agar tempat usaha anda terlihat menarik.

Evaluasi dan Inovasi

Dalam setiap usaha tentunya salah satu faktor yang penting dilakukan adalah evaluasi dan inovasi untuk meningkatkan penjualan. Pertama, Anda harus menjalin hubungan baik dengan konsumen melalui interaksi lewat sosial media. Terimalah kritik dan saran yang diberikan konsumen agar menjadi evaluasi anda sebagai pemilik tempat usaha.

Anda juga butuh inovasi-inovasi baru sebagai senjata untuk bersaing dengan kompetitor dalam manarik hati para konsumen atau targer pasar.

Leave A Reply

Your email address will not be published.