Mengenal Cianjur dari Berbagai Sudut

Dijamin Bersih! Ini 5 Cara Mengobati Jerawat yang Ampuh

1

Jerawat adalah kondisi umum yang mempengaruhi orang-orang dari segala usia. Anda mungkin mengalami jerawat ketika kulit Anda memproduksi minyak berlebih, sel-sel kulit mati menyumbat pori-pori atau folikel rambut, dan bakteri tumbuh di pori-pori. Noda kulit bisa ringan atau parah, dan bisa muncul di wajah dan tubuh. Jika Anda memiliki jerawat, Anda mungkin merasa sadar diri untuk memperlihatkan wajah Anda kepada orang lain; namun, ada perawatan efektif yang tersedia yang dapat membantu membersihkan kulit Anda yang berjerawat. Berikut adalah lima untuk mengobati jerawat:

Cuci muka Anda secara teratur

Kita semua tahu bahwa mencuci muka adalah yang baik untuk mencegah jerawat, tetapi seberapa sering Anda harus mencuci muka? Jawabannya tergantung pada jenis kulit Anda. Jika Anda memiliki kulit berminyak, yang terbaik adalah mencuci dua kali sehari dengan pembersih ringan dan air hangat-Anda tidak ingin menghilangkan minyak alami kulit Anda dengan mencuci secara berlebihan. Di sisi lain, jika Anda memiliki kulit kering atau sensitif, cobalah hanya menggunakan air hangat di pagi hari sehingga pelembab malam Anda dapat melakukan tugasnya untuk mengunci hidrasi dalam semalam.

Ingat: Anda harus selalu menggunakan pembersih yang lembut saat mencuci muka! Jangan gunakan scrubbing pad atau eksfoliator yang keras; mereka dapat mengiritasi noda dan menyebabkan lebih banyak kemerahan daripada menyembuhkannya (dan harganya juga mahal).

Hindari scrub yang keras, gunakan pengelupasan kulit yang lembut

Gunakan eksfoliator yang lembut. Eksfoliasi membantu mengangkat sel kulit mati dan kotoran lainnya, yang dapat mengurangi risiko berjerawat. Namun, jika Anda memiliki kulit sensitif atau kering, Anda mungkin ingin menghindari penggunaan scrub yang keras.

Alih-alih menggunakan scrub yang dibuat dengan butiran atau kristal, cobalah menggunakan produk yang memiliki partikel lebih kecil seperti manik-manik jojoba atau biji aprikot yang dihancurkan yang dicampur dengan bahan aktifnya (yang dapat mencakup asam salisilat). Jika Anda memilih untuk tidak menggunakan exfoliant sama sekali tetapi masih membutuhkan bantuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati dari wajah Anda sesekali, pertimbangkan untuk menggunakan pembersih berbasis minyak pada kapas sebagai gantinya.

Gunakan produk asam salisilat seperti pembersih dan toner secara teratur sepanjang hari – tetapi jangan lupa tentang SPF! Asam salisilat membantu membuka pori-pori yang tersumbat dengan melarutkan minyak yang menyumbat pori-pori; asam salisilat juga menjaga penyumbatan pori-pori agar tidak terbentuk lagi setelah dilarutkan dengan membantu meluruhkan sel-sel baru lebih cepat dari sebelumnya sehingga lebih sedikit waktu di mana minyak dapat terkumpul di dalam pori-pori lagi setelahnya (yang berarti lebih sedikit kemungkinan untuk berjerawat).

Cobalah perawatan sheet mask

Anda beruntung. terbaik untuk mengobati jerawat adalah dengan sheet mask. Sheet mask mudah digunakan, terjangkau, dan yang paling penting, sheet mask membuat kulit Anda terlihat luar biasa!

Jika Anda belum pernah menggunakannya sebelumnya, inilah saatnya untuk mengikuti tren ini. Paket perawatan untuk wajah ini tersedia dalam berbagai bentuk, ukuran, dan harga – dan dapat disesuaikan secara khusus untuk kebutuhan Anda (kering? Berminyak? Noda?).

Paket ini terbuat dari kain katun tipis atau sutra yang dibasahi serum cair yang dioleskan langsung ke kulit setelah pembersihan dan pengencangan tetapi sebelum pelembab. Biarkan selama yang diarahkan oleh produsen atau sampai mengering (biasanya 15-30 menit). Produk ini akan membuat wajah Anda terasa segar tanpa residu berminyak dari lotion atau krim yang diperlukan setelahnya!

Pakai pelembab

Kesalahpahaman yang umum adalah bahwa jerawat dapat disembuhkan dengan mengeringkan kulit, tetapi ini tidak benar. Daripada mengeringkan kulit Anda, Anda harus menggunakan pelembab yang membantu menjaganya tetap terhidrasi dan sehat. Carilah produk yang dibuat khusus untuk jenis kulit berjerawat dan berminyak (seperti asam salisilat).

Gunakan pelembab yang tepat untuk jenis kulit wajah Anda. Jika Anda cenderung kering di bulan-bulan musim hujan, tetap gunakan krim atau mentega tebal; jika Anda cenderung berminyak di suhu musim panas, pilihlah lotion atau gel yang ringan daripada minyak yang berat.

Pilih produk yang sesuai dengan usia Anda: orang dewasa yang lebih muda mungkin lebih suka sesuatu yang ringan seperti gel bebas minyak, sedangkan orang dewasa yang lebih tua mungkin mendapat manfaat dari menggunakan krim yang lebih berat untuk memerangi kerutan yang lebih jelas.

Makan makanan sehat

Kabar baiknya adalah Anda dapat mengobati jerawat dengan diet sehat. Makan dengan benar dapat membantu mengurangi jumlah minyak di kulit Anda, yang akan membantu mencegah timbulnya jerawat baru dan membuat jerawat yang sudah ada sembuh lebih cepat.

  • Hindari makanan cepat saji dan gorengan sebanyak mungkin. Makanan ini sarat dengan lemak trans, yang menyebabkan peradangan dalam tubuh.
  • Tambahkan lebih banyak buah, sayuran dan biji-bijian ke dalam diet Anda untuk mendapatkan lebih banyak vitamin A, C dan E serta asam lemak omega-3 ke dalam sistem Anda. Anda juga harus menghindari makanan yang tinggi kandungan gula (seperti permen) karena makanan tersebut mendorong pertumbuhan sel yang pada akhirnya menyebabkan terbentuknya jerawat di wajah atau punggung Anda!
  • Jauhi makanan berminyak seperti kentang goreng atau keripik kentang ketika mencoba untuk tidak berjerawat – makanan ini mengandung lemak jenuh dalam jumlah tinggi yang buruk bagi jantung dan juga pori-pori!

Tidak ada obat untuk jerawat, tetapi ada untuk mengobati jerawat. Hal yang paling penting untuk diingat adalah bahwa Anda harus selalu berbicara dengan dokter Anda sebelum mencoba perawatan baru pada diri sendiri atau anak Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang pilihan perawatan terbaik untuk kulit Anda, jangan ragu untuk menghubungi melalui email atau telepon!

1 Comment
  1. […] Baca juga : Dijamin Bersih! Ini 5 Cara Mengobati Jerawat yang Ampuh […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.