Mengenal Cianjur dari Berbagai Sudut

Terkenal Nikmat, Ini 5 Fakta Tentang Bubur Ayam Cianjur

1

Bubur ayam Cianjur adalah hidangan populer dan khas dari Cianjur, Jawa Barat. Rasanya nikmat dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan Anda. Bubur ayam Cianjur dibuat dengan beras, ayam dan kaldu. Kaldu terbuat dari tulang ayam, irisan jahe dan cengkeh, kemudian direbus sampai airnya menguap sepenuhnya. Berikut adalah fakta mengenai bubur ayam Cianjur yang terkenal dengan kelezatannya ini.

Bubur ayam adalah ikon Cianjur

Bubur ayam merupakan salah satu ikon di Cianjur. Bubur ayam yang terkenal di Kabupaten Cianjur adalah Bubur Ayam Sampurna, yang diciptakan oleh seorang pengusaha bernama Juhari dan istrinya, Kartini.

Pada tahun 1975, bubur ayam ini dijual di pinggir jalan di atas tangga, “di dalam” Toko Sampurna. Pada tahun 1982, tempat berjualan bubur tidak lagi dengan tangga, melainkan gerobak beroda.

Bubur ayam Cianjur memiliki rasa yang unik

Jika Anda ingin mencoba sesuatu yang baru, ini adalah hidangan untuk Anda. Bubur ayam Cianjur memiliki rasa unik yang manis dan asin pada saat yang bersamaan. Bubur ayam Cianjur dibuat dengan tulang ayam, jahe, bawang putih dan beras.

Kaldu kemudian dicampur dengan daging ayam dan dibumbui dengan kecap dan minyak wijen sebelum disajikan di atas nasi. Hidangan lezat ini dapat dinikmati dengan berbagai macam sayuran di atasnya. ini termasuk sulit ditemukan di daerah lain, kalau pun ada tentu rasanya tidak senikmat bubur ayam Cianjur.

Berkembang jadi warisan budaya

Bubur ayam tergolong ke dalam tradisional. Kondisinya saat ini di Cianjur bila merujuk pada kategori dalam Warisan Budaya Takbenda (WBTB) adalah sedang berkembang. Lokasi persebarannya ada di tiap-tiap kecamatan, tak heran jelang masuk Cianjur, di setiap langkah nyaris ditemukan penjaja bubur ayam.

Dengan kata lain, ini akan terus berkembang menjadi budaya khas Cianjur. Meskipun zaman terus berkembang, masyarakat baik tua maupun muda menyukai makanan ini. Hal itu yang membuat bubur ayam Cianjur terus bertahan menjadi yang wajib dicoba jika berkunjung ke CIanjur.

Kuah kaldu memiliki rasa yang khas

Kaldu bubur ayam Cianjur terbuat dari kaldu ayam dan santan, yang membuatnya menjadi asin dan manis yang khas. Rasa kaldunya memang tidak sekuat rasa manis pada santan, tetapi menambah sentuhan unik pada hidangan ini.

Tidak hanya itu, resep dari kaldu bubur ayam Cianjur ini sangat sulit ditiru. Bahkan, Bubur Ayam Sampurna pun memiliki resep tersendiri yang dikembangkan secara turun temurun sehingga tetap mempertahankan kenikmatannya.

Nikmat untuk sarapan

Jika Anda ingin menyantap makanan lezat di pagi hari, bubur ayam Cianjur adalah pilihan terbaik! Tidak hanya soal kenikmatannya, harga dari makanan khas Cianjur ini sangat terjangkau. Anda pun tidak akan sulit menemukan penjaja bubur ayam di Cianjur.

Apabila Anda melihat melalui Google Maps kemudian mencari bubur ayam Cianjur, akan ada banyak tempat yang bisa Anda kunjungi. Namun, penjaja bubur ayam Cianjur yang terkenal adalah Bubur Ayam Sampurna dan Anda bisa mengunjunginya untuk memenuhi rasa penasaran akan nikmatnya makanan ini.

Itu dia beberapa fakta tentang bubur ayam CIanjur. Bubur ayam Cianjur, tradisional lezat dari Cianjur ini akan terus dilestarikan hingga sekarang. Meskipun ada banyak makanan modern yang berkembang di kota ini, bubur ayam Cianjur tidak lekang oleh waktu dan tetap memiliki peminat yang banyak. Penasaran dengan rasanya?

1 Comment
  1. […] Baca juga : Terkenal Nikmat, Ini 5 Fakta Tentang Bubur Ayam Cianjur […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.