Mengenal Cianjur dari Berbagai Sudut

Tauco Cianjur: Manfaat dan Cara Membuatnya

0

Warga pasti sudah mengenal tauco. Akan tetapi, masih banyak yang belum tahu manfaat dan membuat tauco. Tauco adalah sebuah bahan dasar masakan yang populer di Indonesia.

Tauco terbuat dari kacang-kacangan yang digiling dan difermentasikan, kemudian dibentuk menjadi tepung atau pasta.

Biasanya tauco digunakan sebagai bahan tambahan untuk memberi rasa khas dan aroma pada masakan. Ada beberapa jenis tauco yang digunakan di Indonesia, di antaranya tauco cina dan tauco kacang hijau.

Tauco dapat digunakan dalam masakan yang beragam seperti tumis, sate, sop, nasi uduk, asinan, dan lain-lain.

Tauco adalah salah satu jenis tauco yang populer di Indonesia, khususnya di daerah Jawa Barat. Tauco dikenal dengan cita rasa yang khas dan aroma yang kuat.

Biasanya dibuat dari kacang hijau yang difermentasikan dengan garam dan air. Selain itu, tauco cianjur diketahui diolah dari bahan-bahan alami dan tanpa bahan pengawet sehingga rasanya lebih segar.

Tauco Cianjur digunakan dalam berbagai jenis masakan di Jawa Barat, seperti dalam masakan sate, tauco goreng, tauco telur, atau dicampur dengan nasi untuk memberikan rasa khas.

Pada masakan tradisional jawa barat, tauco cianjur juga digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat asinan, tauco yang dicampur dengan bahan-bahan lain dan dijadikan sebagai acar yang digunakan sebagai pelengkap masakan.

Tauco Cianjur bisa dibeli di pasar tradisional atau di toko bahan khas di daerah Jawa Barat, namun sekarang sudah tersedia juga di toko online.

Baca juga : Sejuta Cita Rasa Kuliner Khas Cianjur

Manfaat Tauco

Tauco dipercaya memiliki beberapa manfaat kesehatan yang dapat ditambahkan dalam masakan. Namun, perlu diingat bahwa jika digunakan dalam jumlah yang berlebihan, tauco dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Beberapa manfaat tauco diantaranya:

  1. Sumber protein: Tauco terbuat dari kacang-kacangan yang digiling dan difermentasikan, sehingga mengandung cukup banyak protein. Protein sangat penting dalam membantu pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh.
  2. Menurunkan risiko penyakit jantung: Tauco mengandung lemak tak jenuh yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, sehingga menurunkan risiko penyakit jantung.
  3. Mencegah anemia: Tauco mengandung zat besi yang dapat membantu mencegah anemia.
  4. Sumber serat: Tauco mengandung serat yang dapat membantu menjaga kesehatan usus dan mencegah masalah pencernaan seperti sembelit.
  5. Anti-inflamasi: Tauco dikenal sebagai bahan anti-inflamasi yang mampu meredakan gejala-gejala inflamasi di dalam tubuh.

Namun, perlu diingat untuk tidak mengkonsumsi tauco dalam jumlah yang berlebihan, karena dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti masalah usus dan sakit perut.

Jika memiliki masalah kesehatan tertentu, sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter sebelum menambahkan tauco dalam masakan Anda.

Baca juga : Sejuta Cita Rasa Kuliner Khas Cianjur

Membuat Tauco

membuat tauco sendiri cukup mudah dilakukan di rumah, diantaranya sebagai berikut:

  1. Persiapan bahan: Anda akan membutuhkan kacang-kacangan seperti kacang hijau atau kacang-kacangan lainnya yang Anda sukai. Anda juga akan membutuhkan garam dan air untuk proses fermentasi.
  2. Kupas kacang: Kupas kacang-kacangan dengan hati-hati, pastikan bahwa tidak ada sisa-sisa kulit yang tertinggal.
  3. Cuci bersih: Cuci bersih kacang-kacangan yang sudah dikupas dengan air yang bersih.
  4. Fermentasi: Masukan kacang-kacangan yang sudah dicuci bersih ke dalam wadah, tambahkan garam secukupnya, Kemudian tutup dengan plastik atau kain bersih, dan biarkan dalam suhu kamar selama 2-3 hari atau sampai kacang-kacangan terasa lembut dan agak berbuih.
  5. Haluskan : Setelah kacang-kacangan cukup lembut dan terfermentasi, haluskan kacang-kacangan dengan menggunakan blender atau food processor sampai halus.
  6. Pembentukan tepung : setelah halus, tepung dapat dicetak dengan ditekan atau dibentuk sesuai keinginan.
  7. Penyimpanan: simpan tauco dalam keadaan kering dan bersih, dalam wadah tertutup rapat untuk menghindari cepat rusak.

Selain itu, Anda juga dapat membuat tauco dari bahan-bahan lain seperti ubi jalar, kedelai, atau bahan-bahan lain yang dapat difermentasikan.

Anda dapat mengkustomisasi rasa dan tekstur sesuai dengan selera Anda dengan menambahkan bahan-bahan lain seperti bawang putih, bawang merah, atau rempah-rempah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.