Mengenal Cianjur dari Berbagai Sudut

Fakta Menarik Tanaman Pala, Asli Indonesia

0

Halo sahabat KUY ..

Kalo kalian pernah ke Cianjur, pasti setidaknya pernah membeli manisan pala di kawasan sentra manisan . Nah ternyata selain untuk dijadikan manisan, buah pala juga memiliki manfaat untuk . Kira-kira apa ya  manfaatnya ..!!

Pala memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk menjaga tubuh, sehingga nggak jarang rempah ini juga menjadi bahan pengobatan tradisional.

Pala merupakan rempah yang berasal dari biji pohon pala. Tanaman pala ini menghasilkan bunga buah dan biji. Biji yang terdapat dalam buah pala inilah yang digunakan sebagai rempah-rempah untuk masakan.

Kira-kira apalagi fakta menarik dari tanaman pala ini ya … !! yuk kita cari tahu.

Tanaman asli Indonesia pada awalnya tanaman pala ini ditemukan oleh bangsa Portugis pada tahun 1512 di Pulau Banda Indonesia.

Kepulauan Maluku merupakan daerah penghasil pala sejak berabad-abad silam. Pada tahun 1000 Masehi, pala telah diperdagangkan oleh para saudagar dari Arab, Tiongkok dan India hingga penjuru dunia.

Pohon pala ternyata baru bisa bertumbuh setelah 8 tahun, dan baru mencapai fase terbaiknya pada 25 tahun. Satu pohon pala seharga dengan 7 sapi jantan dewasa karena pala memiliki keistimewaan sebagai rempah-rempah.

Pengembangan perkebunan pala tahun 1769-1802. Buah pala dan bibit pala dibawa keluar dari Kepulauan Banda. Beragam hidangan rempah pala yang berupa serpihan bubuk, banyak digunakan sebagai bahan masakan bahkan karena berguna untuk menambah cita rasa atau sebagai garnish.

Rempah kaya manfaat memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk menjaga tubuh, sehingga tidak jarang rempah ini juga menjadi bahan pengobatan tradisional.

Indonesia menjadi produsen utama dari tanaman pala bahkan totalnya mendominasi sekitar 50% dari produksi pala global. Volume ekspor pala mencapai 17.027 ton dengan nilai 100.141 juta US Dollar. Kepulauan Maluku dan tanah Papua menjadi sentra terbesar di Indonesia.

Nah itulah beberapa fakta menarik tanaman pala berdasarkan beberapa sumber.

Leave A Reply

Your email address will not be published.