Mengenal Cianjur dari Berbagai Sudut

Permainan Jadoel yang Hilang dan Terlupakan

0

Permainan lato-lato sebenarnya adalah permainan zaman dulu atau jadoel yang sudah ada sejak tahun 1960-an, tetapi perlahan menghilang dan tergerus oleh semakin banyaknya permainan modern yang merambah ke dunia digital seperti games online dan lain sebagainya.

Akibat semakin modern-nya teknologi, permainan anak-anak beralih ke dunia digital menjadi games online. Permainan-permainan tradisional yang pada zamannya menjadi permainan teman masa kanak-kanak telah ditinggalkan bahkan terlupakan termasuk dengan permainan lato-lato yang berhasil viral dan trend kembali berkat adanya aplikasi Tik Tok.

Sebenarnya selain permainan lato-lato ada beberapa jenis permainan lain yang tidak kalah menarik untuk dimainkan kembali. Permainan jadoel ini telah lama menghilang dan tidak dimainkan oleh anak-anak karena anak-anak lebih memilih untuk main games di gadget mereka.

Berikut ini beberapa permainan jadoel teman masa kecil anak-anak zaman dulu yang saat ini sudah mulai terlupakan dan menghilang.

1. Gasing Kayu atau Paton
Permainan Gasing kayu atau paton, adalah permainan jadoel hasil kreativitas para orang tua zaman dulu yang membuat permainan sendiri dengan bahan kayu yang dapat ditemukan dengan mudah.

Permainan ini diberikan nama Gasing bukan tanpa alasan, melainkan dari dua suku kata singkatan yaitu Ga yang berarti Gang atau lorong kecil, sedangkan Sing merupakan suara yang dihasilkan oleh permainan tersebut. Jadi Gasing adalah permainan yang dimainkan di gang dan memiliki suara “sing”.

Baca juga : Kaulinan Barudak Sunda Yang Hampir Punah

2. Egrang
Mungkin bagi yang lahir di tahun 90 an masih ingat dengan permainan tradisional yang satu ini. Egrang adalah alat permainan yang terbuat dari bambu panjang dengan pijakan kaki untuk berdiri dan menggerakkan langkah.

Permainan egrang telah ada sejak zaman dulu, bahkan menurut orang tua  permainan tersebut telah ada sejak zaman penjajahan dan menjadi permainan hiburan masyarakat.

Untuk memainkan permainan egrang ini membutuhkan keseimbangan tubuh, karena jika tubuh tidak seimbang maka akan terjatuh dan tidak bisa melangkah.

3. Dakon
Dakon adalah nama permainan tradisional yang sudah ada sejak zaman dulu dan saat ini sudah mulai perlahan-lahan hilang dan beralih ke permainan dakon atau congklak online.

Dakon tradisional terbuat dari batang kayu berukuran sedang yang dilubangi menjadi 7 lubang kecil dan dua lumbung besar, atau bisa juga dibuat di tanah jika memang tidak memiliki kayu.

Permainan congklak atau dakon dapat dimainkan oleh anak-anak baik laki-laki maupun perempuan. Permainan ini mengajarkan tentang mengatur pengeluaran dan menabung.

Berikut tadi  beberapa permainan yang seumuran dengan permainan lato-lato dan saat ini sudah mulai hilang dan terlupakan. Masih banyak lagi permainan tradisional lain yang sudah lama tidak dimainkan karena tergerus dengan modernnya teknologi dan banyaknya permainan atau games online.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan mengingatkan kita dengan beberapa permainan jadoel.

Leave A Reply

Your email address will not be published.