Mengenal Cianjur dari Berbagai Sudut

7 Rekomendasi Kuliner Khas Cianjur, Dari Manis Sampai yang Asin

0

, Jawa Barat, terkenal sebagai kota santri yang tidak hanya menyimpan kekayaan budaya tetapi juga khas yang menggoda selera. Dari kue mochi yang manis hingga pesmol kembung yang gurih, berikut beberapa rekomendasi khas yang patut dicoba.

1. Kue Mochi

Kue mochi Cianjur terbuat dari tepung kanji dengan isian kacang tanah halus, ditaburi tepung terigu, kemudian dikukus hingga kenyal. Rasanya yang manis dan teksturnya yang kenyal membuatnya menjadi favorit banyak orang. Saat ini, tersedia berbagai varian rasa seperti cokelat dan stroberi yang menambah kenikmatannya.

2. Tauco

Tauco memiliki tampilan mirip sambal dengan tekstur kental. Bahan utamanya adalah kedelai kuning yang difermentasi, kemudian digiling dan dicampur dengan tepung. Tauco biasanya digunakan sebagai bumbu tambahan dalam berbagai masakan untuk memberikan cita rasa khas yang gurih.

3. Geco

Geco, singkatan dari toge dan tauco, adalah hidangan yang terdiri dari ketupat, toge, tahu, dan mie aci yang disiram dengan kuah tauco. Kombinasi bahan-bahan ini menghasilkan rasa yang unik dan lezat, cocok untuk dinikmati sebagai hidangan utama atau camilan.

4. Manisan

Cianjur juga terkenal dengan manisan buahnya yang beragam, seperti manisan salak, mangga, dan kedondong. Rasanya yang manis, asam, dan segar sangat cocok dinikmati saat cuaca panas, memberikan sensasi yang menyegarkan.

5. Liwet Jantung Pisang

Liwet jantung pisang adalah salah satu hidangan khas yang banyak disukai wisatawan. Menggunakan jantung pisang pilihan seperti Pisang Siem, Pisang Bangla, atau Pisang Adut, hidangan ini menawarkan rasa yang khas dan menggugah selera.

6. Sambal Hejo

Sambal hejo adalah sambal khas Cianjur yang terbuat dari cabai rawit hijau, tomat hijau, cikur, dan garam. Rasa pedas, gurih, dan segarnya sangat cocok sebagai pendamping nasi dan lauk pauk lainnya, menambah cita rasa pada setiap suapan.

7. Pesmol Kembung Cianjur

Pesmol kembung Cianjur merupakan hidangan yang menggunakan ikan kembung yang dibumbui dengan bumbu pesmol kuning, dilengkapi air jeruk, kaldu, daun jeruk, daun salam, dan garam. Rasanya yang gurih dan segar sangat pas dinikmati dengan nasi hangat.

Mengunjungi Cianjur belum lengkap tanpa mencicipi khasnya. Selain menikmati langsung, berbagai ini juga bisa dijadikan oleh-oleh setelah berlibur. Jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba dan membawa pulang kelezatan khas Cianjur!

Leave A Reply

Your email address will not be published.