Mengenal Cianjur dari Berbagai Sudut

7 Kuliner Khas Cianjur yang Selalu Enak Disantap

0

Di antara gemerlapnya destinasi di Jawa Barat, Cianjur menonjol sebagai sebuah kota yang memikat hati dengan udaranya yang segar dan kekayaan khas yang menggugah selera.

Mari kita eksplorasi bersama beberapa khas yang membuat Cianjur begitu istimewa.

Khas Cianjur

1. Bubur Ayam Cianjur: Sejuknya Udara dan Kenikmatan Tradisional

Bubur ayam tak hanya sekadar hidangan sarapan, tetapi juga merupakan bagian dari kultur khas di Cianjur. Bubur ayam Cianjur menggoda selera dengan paduan suwiran ayam goreng, kecap, sambal, kacang, dan cakwe yang khas.

Keunikan bubur ayam Cianjur terletak pada beragamnya toping, mulai dari kerupuk, kacang tanah goreng, seledri, bawang goreng, hingga cakwe.

2. Geco Cianjur: Sentuhan Segar dari Tauge dan Tauco

Tak lengkap rasanya berkunjung ke Cianjur tanpa mencicipi Geco Cianjur. Olahan tauge dan tauco ini memikat dengan rasa lezatnya yang masih diminati banyak orang. Nikmati kelezatannya di kedai Geco di Jalan Siti Jenab dengan harga yang terjangkau.

3. Liwet Jantung Pisang: Keunikan Cianjur Selatan

Di wilayah Cianjur Selatan, terdapat hidangan khas yang unik, yaitu nasi liwet jantung pisang. Hidangan ini dapat dinikmati bersama lauk-pauk seperti ikan goreng dan daging ayam kampung goreng, menambah kenikmatan cita rasa khas daerah ini.

4. Kue Mochi: Kelezatan Tradisional dari Cianjur

Siapa sangka, Kue Mochi ternyata berasal dari Cianjur. Dibuat dari tepung kanji dan kacang tanah, kemudian dilumuri tepung terigu dan dikukus, kue ini merupakan warisan lezat yang patut dijaga kelestariannya.

5. Sate Maranggi: Kelezatan Panggang dengan Sentuhan Khas Cianjur

Sate Maranggi menjadi salah satu khas Cianjur yang terkenal di seluruh Indonesia.

Daging sapi dipanggang di atas arang dan diolesi dengan bumbu yang meresap, menjadikan hidangan ini sangat dicari dan dinikmati oleh banyak orang.

6. Tauco: Kelezatan Sederhana yang Menggoda Selera

Tauco, khas lain dari Cianjur, menawarkan cita rasa yang unik. Proses pembuatannya sederhana namun menghasilkan bumbu dapur yang luar biasa.

Dibuat dari kedelai kuning hasil fermentasi yang dicampur dengan tepung, tauco menjadi pelengkap sempurna untuk hidangan-hidangan tradisional.

7. Roti Manis Tan Keng Cu: Legenda Rasa yang Tetap Abadi

Roti Manis Tan Keng Cu telah menjadi bagian dari sejarah Cianjur sejak 1962. Kesederhanaan resepnya telah memikat hati banyak orang selama bertahun-tahun, menjadikannya sebagai warisan kuliner yang patut dirayakan.

Dari bubur ayam yang lezat hingga sate maranggi yang menggoda, kuliner khas Cianjur menawarkan petualangan rasa yang tak terlupakan.

Tak hanya memanjakan lidah, tetapi juga membawa kita pada perjalanan melalui kekayaan budaya dan tradisi kuliner Nusantara.

Semoga ulasan ini memberikan inspirasi untuk menjelajahi ragam kelezatan yang ditawarkan oleh Kota Sembilan Gunung, Cianjur. Selamat menikmati!

Leave A Reply

Your email address will not be published.