Mengenal Cianjur dari Berbagai Sudut

5 Manfaat Buah Jeruk yang Harus Diketahui

1

Dalam hal , buah jeruk memiliki kualitas yang unik. Mereka sarat dengan vitamin, antioksidan dan nutrisi lainnya. Dan semakin banyak Anda tahu tentang potensi manfaatnya, semakin baik tubuh Anda. Berikut adalah lima manfaat yang harus Anda ketahui tentang buah jeruk:

1. Jeruk sarat dengan vitamin C

Vitamin C adalah antioksidan yang membantu melawan radikal bebas, yang dapat merusak sel. Vitamin C juga penting untuk produksi kolagen, yang mendukung kulit dan jaringan tubuh lainnya. Selain membantu penyembuhan luka, vitamin C dapat membantu mencegah atau memperlambat pertumbuhan tumor kanker.

2. Jeruk dapat menurunkan risiko kanker kulit

Mungkin Anda pernah mendengar bahwa buah jeruk adalah sumber vitamin C yang baik. Vitamin C adalah nutrisi penting yang membantu tubuh melawan efek sengatan matahari. Vitamin C juga dapat digunakan untuk mengobati kanker kulit, dan dalam beberapa kasus, bahkan dapat mencegah kanker kulit berkembang sejak awal.

3. Jeruk dapat membantu tubuh Anda menyerap zat besi lebih baik

Jika Anda seorang wanita usia subur, jus jeruk dapat membantu tubuh Anda menyerap zat besi lebih baik. Zat besi adalah mineral penting untuk sel darah merah dan membantu membawa oksigen ke otot dan jaringan di seluruh tubuh.

Buah jeruk mengandung vitamin C yang tinggi, yang dapat membantu penyerapan zat besi dari tanaman-bahkan lebih dari yang mengandung daging atau ikan. Hal ini membuat jeruk menjadi sumber nutrisi penting bagi wanita yang sedang mencoba untuk hamil atau yang sudah memiliki anak, serta vegetarian dan vegan yang mungkin tidak mengkonsumsi cukup zat besi dari daging saja (dan bahkan jika Anda makan daging secara teratur).

Bayi juga membutuhkan banyak vitamin C karena vitamin C membantu kemampuan mereka untuk menyerap nutrisi dari ASI atau susu formula; para ibu harus memastikan bahwa mereka mendapatkan buah jeruk yang cukup setiap hari selama menyusui agar tidak berakhir dengan kadar vitamin C yang rendah.

4. Buah jeruk dapat meningkatkan faktor risiko penyakit jantung

Meskipun buah jeruk mengandung nutrisi bermanfaat yang tinggi, namun buah jeruk juga mengandung sejumlah besar gula dan sodium. Makan terlalu banyak buah dapat berkontribusi pada penambahan berat badan, yang dengan sendirinya merupakan faktor risiko penyakit jantung.

Selain itu, ini memiliki efek negatif lainnya yang dapat berbahaya bagi jantung Anda (seperti asam urat). Jika Anda memiliki tanda atau gejala penyakit kardiovaskular – seperti nyeri dada atau sesak napas – bicarakan dengan dokter Anda sebelum meningkatkan asupan buah jeruk.

5. Jeruk dapat menjaga otak Anda tetap tajam seiring bertambahnya usia

Ada banyak alasan untuk senang dengan buah jeruk-mereka lezat, menyegarkan, dan dikemas dengan vitamin C. Tapi tahukah Anda bahwa buah jeruk mungkin juga dapat membantu menjaga otak Anda tetap sehat seiring bertambahnya usia?

Vitamin C adalah antioksidan yang membantu melindungi sel-sel tubuh terhadap kerusakan oksidatif. Satu studi menemukan bahwa orang yang mengonsumsi lebih banyak vitamin C memiliki penurunan risiko terkena penyakit Alzheimer (AD). Hasilnya sederhana tetapi menjanjikan; mereka yang mengonsumsi setidaknya 500 miligram (mg) per hari memiliki risiko 58% lebih rendah terkena AD daripada mereka yang mengonsumsi kurang dari 100 mg per hari. Vitamin C juga dapat membantu mencegah penurunan kognitif pada orang dewasa berusia di atas 60 tahun.

Dengan manfaat yang banyak, buah jeruk bisa menjadi tambahan yang bagus untuk diet Anda, tetapi tidak untuk semua orang. Orang yang sangat sensitif terhadap asam harus menjauhinya karena dapat menyebabkan sakit perut dan mulas. Buah jeruk juga mengandung banyak gula, jadi jika Anda mencoba mengurangi gula tambahan dalam diet Anda, sebaiknya jangan makan terlalu banyak buah jeruk (atau jenis buah lainnya).

Jika Anda memutuskan untuk mulai makan lebih banyak buah jeruk, pastikan buah jeruk tersebut organik karena jeruk yang ditanam secara konvensional telah terbukti memiliki tingkat pestisida yang lebih tinggi daripada yang organik!

1 Comment
  1. […] Baca juga : 5 Manfaat Buah Jeruk yang Harus Diketahui […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.