Mengenal Cianjur dari Berbagai Sudut

5 Jenis Sambal Khas Jawa Barat Cianjur Punya Sambal Bawang

2

– Jawa Barat, bagian barat dari Pulau Jawa, tidak hanya dikenal dengan keindahan alamnya, tetapi juga dengan keanekaragaman kuliner tradisionalnya. Salah satu hal yang tak dapat terlewatkan dalam kuliner Jawa Barat adalah sambal, saus pedas yang memberi cita rasa khas pada . Di bawah ini, kami akan menjelajahi lima jenis sambal khas Jawa Barat, termasuk sambal bawang khas .

1. Sambal Bawang Khas

Sambal Bawang merupakan salah satu sambal khas yang terkenal dengan rasa pedas yang lezat dan aroma khas bawang merah. Sambal ini dihasilkan dari bawang merah, cabai rawit, garam, dan petis. Proses pengolahan yang unik menghasilkan sambal dengan rasa pedas yang pas, sedikit manis, dan sentuhan petis yang memberi kedalaman cita rasa. Sambal Bawang sering dihidangkan dengan berbagai hidangan seperti nasi, ikan bakar, dan sayuran rebus.

Baca Juga:

 Istana Presiden di Cipanas Monumen Paling Istimewa

 2. Sambal Ote-Ote

Sambal Ote-Ote adalah sambal yang berasal dari Betawi, namun juga populer di Jawa Barat. Sambal ini terbuat dari cabai rawit, tomat, bawang merah, dan bawang putih yang digoreng hingga matang. Rasanya pedas dan segar dengan sedikit rasa manis dari tomat yang membuatnya cocok sebagai pendamping hidangan seperti soto Betawi dan mi rebus.

3. Sambal Terasi

Sambal Terasi adalah sambal khas Sunda yang terbuat dari cabai, tomat, terasi (udang rebon yang telah difermentasi), bawang merah, dan bawang putih. Sambal ini memiliki aroma yang khas dan cita rasa gurih dari terasi. Sambal Terasi biasanya dihidangkan dengan nasi dan lauk-pauk seperti ikan goreng, ayam bakar, dan tahu goreng.

4. Sambal Cibiuk

Sambal Cibiuk berasal dari daerah Cibiuk di Garut, Jawa Barat. Sambal ini terkenal dengan rasa pedas yang menyengat namun . Bahan utamanya adalah cabai rawit, bawang merah, dan garam. Sambal Cibiuk sering dihidangkan dengan nasi tutug oncom atau khas Jawa Barat lainnya.

Baca Juga: 

4 Tempat Ngedate Di Cipanas Siap Temani Deep Talk Mu

5. Sambal Toge Goreng

Sambal Toge Goreng merupakan sambal khas Bogor yang disajikan dengan hidangan tahu dan tauge goreng. Sambal ini terbuat dari cabai rawit, bawang merah, bawang putih, dan garam. Rasanya pedas dan segar, memberikan sensasi yang berpadu sempurna dengan tahu dan tauge goreng.

Dari Sambal Bawang di hingga Sambal Toge Goreng di Bogor, sambal-sambal khas Jawa Barat memberikan sentuhan pedas yang tak tergantikan pada hidangan-hidangan tradisional. Kekayaan citarasa dan variasi sambal ini adalah bukti nyata betapa kaya dan beragamnya budaya kuliner di wilayah Jawa Barat.

2 Comments
  1. […]  5 Jenis Sambal Khas Jawa Barat Cianjur Punya Sambal Bawang […]

  2. […]  5 Jenis Sambal Khas Jawa Barat Cianjur Punya Sambal Bawang […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.