Mengenal Cianjur dari Berbagai Sudut

Resep Surabi yang Hangat dan Enak

0

Surabi, khas Indonesia yang terbuat dari tepung ketan dan gula merah, kini bisa menjadi pilihan untuk menemani sore hari atau sebagai cemilan saat bersantai. Rasanya yang hangat dan lezat membuat surabi sangat disukai banyak orang. Berikut ini adalah surabi yang mudah dibuat dan pastinya akan memanjakan lidah.

Surabi adalah khas Indonesia yang terbuat dari tepung ketan dan gula merah. Surabi biasanya dibentuk seperti kue bulat dan diolah dengan cara dipanggang atau diolah dengan cara dibakar.

Rasanya surabi sangat lezat, dengan gula merah yang membuat cita rasa manis dan tekstur yang lembut dan kenyal. Beberapa orang juga menambahkan bahan-bahan seperti kacang-kacangan, keju, atau susu untuk memberikan rasa yang lebih kaya.

Surabi juga memiliki kandungan gizi yang baik. Tepung ketan yang digunakan sebagai bahan utama memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga baik untuk kesehatan saluran pencernaan. Gula merah juga mengandung beberapa nutrisi seperti vitamin B dan mineral seperti kalsium dan zinc.

Walaupun surabi memiliki kandungan gizi yang baik, namun harus diingat bahwa surabi juga memiliki kandungan gula tinggi. Oleh karena itu, surabi harus dikonsumsi dalam porsi yang wajar dan tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Dalam hal ini, surabi dapat menjadi pilihan cemilan atau sampingan yang lezat dan sehat, jika dikonsumsi dengan cara yang benar.

Surabi yang Hangat dan

Berikut ini adalah surabi yang lezat dan mudah dibuat:

Bahan:

  • 1 1/2 cangkir tepung ketan
  • 1/2 cangkir air
  • 1/2 cangkir gula merah, serut
  • 1/2 sendok teh air kapur sirih
  • Secukupnya air matang untuk memadatkan adonan

Langkah-langkah:

  1. Campurkan tepung ketan, air, dan gula merah dalam wajan. Aduk rata hingga tercampur.
  2. Masak adonan di atas api kecil, sambil terus dikocok hingga mengental.
  3. Tambahkan air kapur sirih, aduk rata.
  4. Ambil sejumput adonan, bulatkan, lalu panggang hingga matang dan berwarna keemasan.
  5. Sajikan surabi saat masih hangat.

Anda juga bisa menambahkan bahan lain seperti kacang-kacangan, keju, atau susu sesuai selera. Nikmati surabi yang lezat dan hangat ini bersama dengan keluarga atau teman.

Waktu terbaik untuk makan surabi adalah saat cemilan siang atau saat makan malam. Saat cemilan siang, surabi bisa menjadi pilihan cemilan yang lezat dan mengenyangkan sebelum melakukan aktivitas sepanjang hari. Surabi memiliki kandungan gizi yang baik dan rasa manis yang lezat, sehingga bisa membantu meningkatkan energi dan membuat Anda merasa lebih fresh sepanjang hari.

Saat makan malam, surabi juga bisa menjadi pilihan cemilan yang baik. Surabi memiliki rasa yang lezat dan mengenyangkan, sehingga bisa membantu mengurangi rasa lapar sebelum tidur. Namun, harus diingat bahwa surabi memiliki kandungan gula tinggi, sehingga harus dikonsumsi dengan porsi yang wajar. Jika dikonsumsi dengan porsi yang wajar, surabi bisa menjadi pilihan cemilan malam yang lezat dan sehat.

Dengan surabi yang mudah dibuat ini, Anda bisa menikmati cemilan yang lezat dan hangat kapan saja. Surabi memiliki rasa yang unik dan kombinasi tepung ketan dan gula merah membuat rasa surabi sangat manis dan lezat. Selain itu, surabi juga memiliki kandungan gizi yang baik, sehingga bisa menjadi pilihan cemilan yang sehat. Jangan ragu untuk mencoba membuat surabi sendiri di rumah, dan nikmati sensasi rasa yang lezat dan hangat. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Leave A Reply

Your email address will not be published.