Mengenal Cianjur dari Berbagai Sudut

Resep Martabak Telor yang Enak dan Bisa Dinikmati di Rumah

0

Martabak telor bisa menjadi camilan yang sangat enak. Apalagi di ada banyak penikmat martabak telor yang kerap membeli di sentra kuliner Sinar. Akan tetapi, bagaimana jika membuat martabak telor sendiri di rumah dengan resep yang enak? Jika tertarik, Anda bisa menyimak artikel ini sampai selesai.

Martabak telor adalah yang terbuat dari tepung terigu, telur, bawang merah, bawang putih, dan daging sapi atau daging ayam yang digoreng dalam sebuah wajan atau wajan teflon. ini berasal dari Indonesia dan dijual di warung-warung di seluruh negara tersebut. Variasi lainnya adalah martabak manis yang diisi dengan coklat, keju, atau kacang-kacangan.

Rasa martabak telor bervariasi tergantung dari resep yang digunakan dan cara pembuatannya. Beberapa orang menganggap martabak telor sebagai yang lezat dan nikmat, sementara yang lain mungkin tidak setuju. Martabak telor umumnya dianggap sebagai yang gurih dan lezat karena daging sapi atau ayam yang digunakan, bawang merah, bawang putih, dan telur yang digunakan dalam pembuatannya.

Resep Martabak Telor yang Enak

Berikut ini adalah resep dasar untuk membuat martabak telor yang enak:

Bahan-bahan:

  • 500 gr tepung terigu
  • 4 butir telur
  • 2 siung bawang merah, haluskan
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 1/4 cangkir minyak sayur
  • 250 gr daging sapi cincang
  • garam dan merica secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat:

  1. Campur tepung terigu, telur, bawang merah, bawang putih, minyak sayur, garam, dan merica dalam sebuah wadah. Aduk rata hingga tercampur.
  2. Tambahkan daging sapi cincang ke dalam adonan dan aduk rata.
  3. Panaskan minyak dalam wajan atau wajan teflon untuk menggoreng.
  4. Ambil sebagian adonan, bentuk seperti bulat dan letakkan di atas wajan yang sudah dipanaskan.
  5. Tutup dan biarkan hingga matang.
  6. Balik martabak telor dan biarkan hingga matang dari sisi lainnya.
  7. Angkat dan tiriskan dari minyak.
  8. Potong-potong dan sajikan dengan saus sambal atau kecap manis.

Sebagai catatan, bahwa resep ini merupakan resep dasar, Anda dapat menambahkan atau mengurangi bahan sesuai selera. Anda juga dapat mencoba dengan variasi daging ayam atau bahan lainnya untuk memberikan rasa yang berbeda.

Martabak telor dapat menjadi makanan yang tidak sehat jika dibuat dengan banyak minyak dan daging sapi atau daging ayam yang digunakan dalam pembuatannya. Karena itu dalam jumlah yang besar dan terlalu sering dikonsumsi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, obesitas dan masalah lainnya.

Minyak yang digunakan dalam pembuatan martabak telor umumnya adalah minyak nabati yang digunakan untuk menggoreng, yang dapat meningkatkan kandungan lemak dalam makanan. Daging sapi atau ayam yang digunakan juga mengandung kadar lemak yang tinggi, sehingga konsumsi dalam jumlah yang besar dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.

Namun jika Anda ingin menikmati martabak telor secara teratur, Anda dapat mengurangi jumlah minyak yang digunakan dalam pembuatan dan menggunakan daging sapi atau daging ayam yang lebih sehat seperti daging tanpa lemak. Selain itu, Anda juga dapat mengkombinasikan martabak telor dengan sayur-sayuran segar sebagai pendamping untuk meningkatkan kandungan gizi makanan.

Demikian penjelasan tentang resep martabak telor yang enak dan bisa dinikmati di rumah. Pastikan untuk menyantapnya dalam kadar aman, jangan sampai mengorbankan Anda. Tetapi, jika disantap sesekali sebagai makanan bersama keluarga tentu terasa nikmat. Jadi, jangan sia-siakan uang Anda hanya untuk membeli makanan yang bisa Anda buat sendiri di rumah. Selamat mencoba.

Leave A Reply

Your email address will not be published.