Mengenal Cianjur dari Berbagai Sudut

Pantai Apra, Saksi Sejarah di Masa Penjajahan Belanda

0

Pantai Apra berlokasi di Kecamatan Sindangbarang, Selatan atau lebih tepatnya sekitar 300 meter dari Alun-alun Sindangbarang. Pantai ini akan ramai dikunjungi oleh wisatawan pada saat liburan panjang dan lebaran tiba.

Dinamakan Pantai Apra, karena ternyata mengandung sejarah ketika masa penjajahan Belanda. Yaitu tempat ini sebagai saksi sejarah pemberontakan Angkatan Perang Rakyat Semesta (APRA) di awal kemerdekaan Indonesia.

Pasir yang ada di sepanjang pantai ini cukup berkualitas yaitu memiliki pasir besi sehingga di beberapa titik pernah diambil pasir besi nya. Pemandangan pantai satu ini juga cukup memesona. Pantainya juga bersih, anda bisa menjadikan tempat tersebut untuk mengisi waktu selama liburan.

Wisatawan yang berkunjung ke Pantai Apra dapat melakukan berbagai aktivitas, seperti berenang namun tetap harus berhati-hati, berjemur, olahraga, hingga berfoto di sekitar pantai.

berlibur di pantai apra. [Bagas Gunantoro]

 

Faktor cuaca sangat berperan penting dalam menghadirkan kepuasan di pantai ini, bahkan sangat menentukan aspek keamanan saat kunjungan ke Pantai Apra .

Wisatawan wajib mampu menjaga kehati-hatian, terutama saat bermain air. Karena sering terjadi pengunjung yang tergulung ombak Pantai Apra, hingga mengakibatkan kematian.

Ketika cuaca sedang buruk, maka kawasan Pantai Apra rentan terjadi abrasi. Tetapi sebaliknya, saat cuaca cerah, maka menjadi lokasi yang nyaman untuk santai.

Pantai Apra, Sindangbarang, . [A. Willy Saputra]

 

Akses menuju objek Pantai Apra bisa dengan menggunakan kendaraan roda dua, maupun roda empat hingga area parkiran di dekat pantai.

Kira-kira apa yang menarik dari Pantai Apra ini ??

Pantai Apra merupakan pantai yang ternyata menjadi saksi sejarah Angkatan Perang Ratu Adil, di masa penjajahan Belanda, khususnya pada masa Westerling. Pantai Apra sendiri pun mengacu kepada nama pasukan tersebut yaitu Pasuka APRA.

Pantai Apra di Kabupaten , merupakan tempat, dan saksi atas kehancuran pasukan APRA yang akan berangkat menuju Jakarta. Pantai Apra memiliki pesona pantai selatan, dengan ciri khas ombaknya yang besar, tetapi memiliki area pasir pantai yang bersih, dan luas.

Untuk hari-hari biasa, Pantai Apra ini tidaklah ramai. Namun sebaliknya, ketika hari libur, apalagi saat libur lebaran, pantai tersebut selalu dipenuhi oleh para wisatawan. Bagi wisatawan yang butuh suasana pantai yang tenang, biaya murah dengan opsi menginap, Pantai Apra menjadi salah satu pilihan yang tepat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.