Mengenal Cianjur dari Berbagai Sudut

Enak! Ini Resep Ikan Bakar Cianjur yang Nikmat dan Pedas

0

Siapa yang tidak kenal ikan Bakar ? Ikan bakar menjadi populer karena memiliki rasa yang khas dan cita rasa yang unik. Anda bisa membuat ikan bakar sendiri di rumah, tetapi tentu butuh terlebih dulu. Simak artikel ini sampai selesai dan dapatkan informasi menarik selengkapnya.

Ikan bakar adalah metode memasak ikan yang melibatkan pemanggangan atau pembakaran ikan di atas bara api atau dalam oven. Ikan yang digunakan biasanya dipotong-potong dan diolesi dengan bumbu sebelum dimasak. Ini adalah cara populer untuk memasak ikan di beberapa negara, terutama di Asia Tenggara dan Timur Tengah.

Ikan Bakar Cianjur adalah salah satu makanan khas dari kota Cianjur, Jawa Barat, Indonesia. Ikan yang digunakan biasanya ikan lele atau ikan nila yang diolesi dengan bumbu khusus sebelum dibakar di atas arang. Bumbu yang digunakan biasanya terdiri dari bawang merah, bawang putih, kecap, gula, dan rempah-rempah lainnya. Ikan Bakar Cianjur dihidangkan dengan lalapannya seperti lalap daun singkong.

Ikan Bakar Cianjur

untuk membuat Ikan Bakar Cianjur, Anda akan membutuhkan:

  • 1 ekor ikan lele atau ikan nila, bersihkan dan potong-potong
  • 2 siung bawang merah, haluskan
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 1 sdt kecap
  • 1 sdt gula pasir
  • 1/4 sdt garam
  • 1/4 sdt kaldu bubuk
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 2 sdm minyak goreng
  • Daun pisang atau daun singkong untuk lalap

Langkah-langkah:

  1. Campur bawang merah, bawang putih, kecap, gula, garam, kaldu bubuk, merica bubuk, dan minyak goreng dalam wadah, aduk rata.
  2. Lumuri ikan dengan bumbu yang sudah dibentuk, diamkan selama 15 menit.
  3. Panaskan arang di atas kompor, letakkan ikan di atas arang.
  4. Bakar ikan hingga matang, sambil diolesi dengan sisa bumbu yang tersisa.
  5. Sajikan ikan bakar dengan lalap daun pisang atau daun singkong.

Note: Anda juga dapat menggunakan oven atau grill untuk memanggang ikan.

Itu adalah dasar untuk membuat Ikan Bakar Cianjur, Anda dapat menyesuaikan rasa sesuai selera Anda dengan menambah atau kurangi jumlah bumbu yang digunakan.

Waktu terbaik untuk memakan ikan bakar bergantung pada preferensi pribadi. Beberapa orang lebih suka memakannya sebagai sarapan, sementara yang lain lebih suka memakannya sebagai makan siang atau makan malam. Namun, beberapa orang juga lebih suka menikmati ikan bakar sebagai makanan ringan di siang hari.

Secara umum, ikan bakar dapat dinikmati kapan saja selama hari. Namun, jika Anda ingin menikmati ikan bakar sebagai makanan utama, makan siang atau makan malam adalah waktu yang tepat.

Ikan bakar Cianjur dianggap sebagai makanan khas yang lezat oleh penduduk setempat dan para pengunjung. Bumbu yang digunakan dalam membuat ikan bakar Cianjur menambah rasa gurih dan pedas pada ikan, membuat ikan terasa lebih lezat.

Selain itu, ikan bakar Cianjur dihidangkan dengan lalapannya seperti lalap daun pisang atau daun singkong, yang juga menambah citarasa pada ikan. Namun, rasa yang enak bisa berbeda bagi setiap orang, jadi itu tergantung dari selera masing-masing.

Tidak hanya enak, ikan juga memiliki banyak kandungan gizi dan dipercaya bisa mencerdaskan otak. Maka dari itu ada banyak peminat ikan bakar bukan hanya karena rasa tapi manfaat yang didapat.

Itu dia pembahasan mengenai ikan bakar Cianjur. Anda bisa membuat makanan ini di rumah dan disajikan sebagai bagian dari liburan keluarga atau makanan sehari-hari. Semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.