Mengenal Cianjur dari Berbagai Sudut

Bukan Olahraga Biasa! Ini 5 Fakta Tentang Parkour yang Jarang Diketahui

0

Parkour adalah disiplin fisik yang mengajarkan praktisi untuk mengatasi rintangan di lingkungan mereka dengan beradaptasi dengan mereka. Praktisi Parkour sering menggunakan elemen yang ditemukan di lingkungan perkotaan, seperti bangunan dan tepian, untuk mengatasi rintangan atau hambatan ini. Tapi, masih banyak yang belum tahu fakta tentang parkour.

Parkour bukan hanya tentang melompat dari gedung ke gedung atau dinding berlari melintasi atap. Ini adalah tentang mengatasi tantangan dengan tubuh Anda sendiri dan menggunakan lingkungan Anda untuk melakukannya.

Fakta Tentang Parkour

Asal-usulnya dapat ditelusuri kembali lebih dari 200 tahun yang lalu selama Revolusi Industri ketika para pekerja dipaksa keluar dari rumah mereka dan ke jalan-jalan di mana mereka bertemu dengan kondisi yang sulit seperti perbukitan curam dan tanah yang tidak rata yang menyulitkan mereka untuk melakukan aktivitas normal seperti berjalan atau menaiki tangga tanpa jatuh.

Parkour melibatkan bergerak cepat melalui suatu area sambil mengatasi rintangan

Parkour adalah bentuk latihan fisik di mana para praktisi mencoba mengatasi rintangan di jalan mereka seefisien mungkin. Tidak peduli apa pun rintangannya, praktisi parkour akan selalu melewatinya, di bawahnya, atau di sekitarnya – tidak pernah melewatinya.

Gaya gerakan ini telah ada selama berabad-abad, tetapi baru populer ketika David Belle merilis film dokumenter berjudul “Jump London.” Sejak saat itu, banyak orang yang telah mempelajari parkour dan mulai berkompetisi satu sama lain untuk melihat siapa yang bisa berpindah dari titik A ke titik B dalam waktu tercepat.

Tidak ada aturan formal yang harus diikuti saat berlatih parkour; namun, ada beberapa panduan dasar yang harus diikuti jika Anda baru memulai:

  • Selalu perhatikan ke mana Anda akan pergi (jangan melihat ke bawah)
  • Jangan menabrak orang atau benda lain (misalnya, mobil)

Parkour pertama kali muncul pada tahun 1980-an di Perancis

Parkour adalah kata dalam bahasa Perancis yang diterjemahkan menjadi “seni bergerak,” dan awalnya diciptakan pada akhir tahun 80-an oleh David Belle. Pertama kali muncul di Prancis sebagai parcours du combattant, yang berarti “ prajurit”.

Ini juga dikenal sebagai freerunning dan gerakan berbasis parkour telah digunakan dalam film aksi seperti Casino Royale (2006) dan Mission Impossible: Fallout (2018).

Kata parkour berasal dari bahasa Perancis parcours du combattant, yang berarti “jalan prajurit”

Dan sekarang, saatnya untuk menyelami dunia parkour. Kata parkour berasal dari bahasa Perancis parcours du combattant, yang berarti “ prajurit”. Setelah Anda berkeringat dengan beberapa gerakan kaki yang indah dan latihan melompat, Anda mungkin siap untuk belajar tentang olahraga (atau bentuk seni) unik ini yang telah menarik perhatian banyak orang di seluruh dunia.

Untuk memulai hal-hal pada tingkat dasar: Apa yang dimaksud dengan parkour? Baiklah, mari kita mulai dengan apa yang tidak berarti – parkouring bukan berarti “parkouring” (jika Anda berpikir untuk melakukan itu…jangan!). Faktanya, tidak ada kata “parkouring”. Ejaan yang benar adalah “parkour,” dan itu hanyalah gabungan dari dua kata: parcours dan course. Parcours berarti jalur atau perjalanan dalam bahasa Perancis; course berarti perlombaan atau lari dalam bahasa Inggris; jadi, gabungkan keduanya dan Anda akan mendapatkan “journey running!”

Traceurs dan traceuses berlatih parkour

Kata parkour adalah kombinasi dari kata Perancis “parcours” (kursus) dan “d'obstacles” (rintangan), yang berarti “mengatasi rintangan.” Kata ini pertama kali digunakan pada akhir tahun 80-an sebagai sarana untuk menggambarkan latihan di mana para peserta berlatih gerakan melintasi atap, menaiki pohon, dan melalui bangunan yang ditinggalkan. Sejak saat itu, Parkour telah berkembang menjadi lebih dari sekadar aktivitas fisik – sekarang juga menjadi filosofi, gaya hidup, disiplin, dan olahraga.

Praktisi Parkour mengikuti jalan mereka sendiri untuk mengatasi rintangan dalam hidup mereka melalui ekspresi diri. Filosofi ini menekankan kebebasan bergerak di atas kekuatan atau kecepatan; alih-alih menghafal gerakan tertentu seperti seni bela diri lainnya, para pelacak belajar bagaimana menggunakan tubuh mereka secara naluriah sehingga mereka dapat beradaptasi dengan situasi baru tanpa terluka.

David Belle dianggap sebagai pendiri parkour

Jadi, David Belle dianggap sebagai pendiri parkour. Aktor dan stuntman Perancis ini lahir di Paris, Perancis pada 28 Juni 1968. David Belle adalah putra dari Raymond Belle dan Nicole Graziani.

David Belle memiliki minat pada atletik sejak usia dini dan ikut serta dalam berbagai olahraga termasuk bisbol, sepak bola, lintasan dan acara lapangan seperti lompat galah dan lompat jauh ketika ia masih di sekolah. Dia bahkan memenangkan medali perunggu dalam lompat galah saat berkompetisi di kompetisi nasional yang diadakan di Prancis saat remaja! Namun saat ini, ia paling dikenal sebagai salah satu pendiri parkour (atau freerunning) – olahraga yang melibatkan gerakan di sekitar rintangan dengan memanjatnya atau melompat di antara permukaan menggunakan flips dll.

Itu dia beberapa fakta menarik tentang parkour. Parkour adalah yang bagus untuk keluar, aktif, dan bersenang-senang. Parkour juga dapat membantu Anda mengembangkan keterampilan seperti keseimbangan, koordinasi, dan kekuatan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.