Mengenal Cianjur dari Berbagai Sudut

9 Oleh-Oleh Khas Cianjur yang Tidak Boleh Dilewatkan

0

Setiap kota termasuk Kabupaten memiliki oleh-oleh tersendiri, terbawa dari tradisi, , dan ciri khas yang membedakannya.

, sebuah kota yang tersembunyi di antara hijaunya pegunungan Jawa Barat, adalah contoh hidup dari keberagaman Indonesia.

Tradisi dan khasnya membuatnya menjadi magnet bagi para pelancong yang menginginkan pengalaman tak terlupakan.

Oleh-Oleh Khas

Kota memanggil dengan pesona alamnya yang memikat dan aneka hidangan yang memanjakan lidah. Baik sebagai tempat berlibur maupun berburu oleh-oleh khas, menyajikan sejumlah kenangan manis yang tak bisa diabaikan.

Manisan Carica: Sang Manis yang Menggoda Lidah

Cianjur mempersembahkan manisan carica, olahan lezat dari buah kawista yang telah dikenal sejak lama. Kehadiran manisan carica akan membuat lidah Anda menari dalam kelezatan rasa manis yang khas dan tekstur lembut. Citarasa ini semakin terasa dengan sentuhan gula merah atau gula putih yang melengkapinya.

Sate Maranggi: Kelezatan Sederhana yang Tak Terlupakan

Sate Maranggi, hidangan sate khas Cianjur, adalah perpaduan sempurna antara daging sapi tipis yang dimarinasi dengan bumbu rempah khas. Dalam setiap gigitan, Anda akan merasakan sentuhan bawang merah, bawang putih, jahe, dan rempah pilihan lainnya. Disajikan dengan nasi dan sambal khas Cianjur, sate Maranggi adalah hidangan yang menggugah selera.

Dodol Garut: Kenikmatan yang Berpadu dalam Setiap Sajian

Meskipun namanya mengandung “Garut,” dodol Garut juga populer sebagai oleh-oleh dari Cianjur. Dodol ini menggoda dengan rasa manis yang disempurnakan oleh tekstur kenyal dan lembut. Gabungan ketan, gula merah, santan kelapa, dan campuran rempah menghasilkan hidangan yang tak terlupakan.

Keripik Tempe: Gurihnya Cianjur dalam Setiap Gigitan

Keripik tempe, jajanan khas Indonesia yang terbuat dari kedelai fermentasi, mendapat sentuhan khas Cianjur. Irisan tipis tempe yang digoreng hingga renyah dan dilengkapi dengan berbagai varian rasa, seperti pedas, manis, atau asin, akan membawa Anda pada perjalanan rasa yang tak terlupakan.

Sale Pisang: Gurih dan Manis dari Cianjur

Sale pisang adalah buah pisang kering yang menggoda dengan lapisan manis berupa campuran gula merah dan air. Setelah mengering, sale pisang siap menyapa lidah Anda dengan rasa gurih dan manis yang menggoda.

Bandros: Kue Tradisional yang Memanjakan Rasa dan Bau

Bandros, kue khas Cianjur, menggabungkan ketan dengan isi kelapa parut dan gula merah. Dibungkus dengan daun pisang, aroma khas yang dilepaskan saat membuka kemasan akan membuat Anda tergoda untuk langsung mencicipi kenikmatannya.

Abon Sapi: Gurihnya Cita Rasa Cianjur dalam Setiap Serat

Abon sapi adalah sajian gurih yang dihasilkan dari olahan daging sapi hingga berbentuk serat-serat halus dan kering. Tak hanya sebagai lauk, abon sapi dapat menjadi camilan yang memikat selera.

Kue Gemblong: Kenikmatan yang Membawa Kenangan

Kue Gemblong adalah makanan yang akrab di jalan raya Cipanas-puncak. Terbuat dari beras ketan dan campuran kelapa muda, kue ini diberkahi dengan lelehan gula merah yang memberikan sentuhan manis dan gurih yang sulit dilupakan.

Tauco: Citarasa Khas “Kota Tauco”

Tauco, saus fermentasi kedelai atau kacang kedelai dengan tambahan garam, adalah julukan sejati Cianjur sebagai “Kota Tauco”. Citarasa kaya dan kompleks, serta aroma yang khas, menjadikan tauco sebagai oleh-oleh khas yang tak boleh dilewatkan.

Cari Kelezatan di Setiap Sudut Kota Cianjur

Sebelum meninggalkan Cianjur, pastikan Anda menyempatkan diri untuk mendapatkan oleh-oleh khas yang tidak hanya memuaskan perut, tetapi juga membawa pulang sejuta kenangan manis.

Jelajahi tempat-tempat khusus yang menjual produk lokal, dan pilihlah oleh-oleh dengan cermat untuk memastikan Anda membawa pulang kualitas dan cita rasa terbaik dari Kota Tauco ini.

Selamat menjelajahi kelezatan Cianjur, dan semoga oleh-oleh khas dari kota ini akan selalu mengingatkan Anda pada indahnya pengalaman di tanah yang kaya akan budaya dan Indonesia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.