Mengenal Cianjur dari Berbagai Sudut

5 Fakta Tentang AI, Teknologi yang Bisa Merubah Dunia

0

Bayangkan sebuah dunia di mana orang memiliki akses ke obat-obatan, bahan dan teknologi baru. Mereka bisa melakukan lebih banyak hal dengan waktu mereka, menghindari situasi berbahaya dan hidup lebih lama. Itulah yang menurut beberapa ahli akan terjadi jika kita merangkul Antrificial Intelligence (AI). Tetapi yang lain berpikir bahwa AI bisa berbahaya – dan mereka khawatir tentang apa yang mungkin terjadi 100 tahun dari sekarang. Simak fakta tentang AI berikut ini agar semakin tahu.

1. AI terinspirasi oleh kecerdasan manusia.

AI, teknologinya, terinspirasi oleh kecerdasan manusia. AI adalah jenis program komputer yang dapat memecahkan masalah, membuat keputusan, dan belajar dari pengalaman; tetapi apa artinya ini?

Antrificial Intelligence atau kecerdasan buatan adalah jenis pembelajaran mesin. Pembelajaran mesin mengacu pada komputer “belajar” dari data masa lalu untuk memprediksi tren atau hasil di masa depan.

Dengan kata lain, ini adalah bagi mesin untuk mengembangkan pemahaman mereka sendiri tentang bagaimana sesuatu bekerja berdasarkan data input yang diberikan oleh manusia (atau sumber lainnya). Proses ini telah ada sejak tahun 1950-an (komputer belajar mandiri pertama diciptakan pada tahun 1951) tetapi telah mendapatkan popularitas selama dekade terakhir berkat terobosan dalam teknologi seperti kekuatan pemrosesan data yang besar dan jaringan berkecepatan tinggi.

2. AI sudah ada di mana-mana, mengubah kita hidup.

AI sudah ada di mana-mana, mengubah hidup kita. Teknologi AI memecahkan masalah kompleks dalam bidang kedokteran dan transportasi, membuat hidup kita lebih baik dengan mengotomatisasi tugas-tugas yang membosankan dan mengantar kita dari satu tempat ke tempat lain. AI juga telah digunakan untuk membangun bot yang dapat memainkan permainan seperti catur dan Go dengan keterampilan yang hampir setingkat manusia.

Di masa depan, kita akan melihat lebih banyak teknologi AI digunakan dalam semua aspek kehidupan kita sehari-hari, membantu kita membuat keputusan yang lebih baik dengan lebih cepat daripada sebelumnya.

3. Para ahli AI khawatir tentang apa yang mungkin terjadi 100 tahun dari sekarang.

Di masa lalu, AI telah digunakan untuk kebaikan. Tetapi para ahli di bidang ini khawatir tentang apa yang mungkin terjadi 100 tahun dari sekarang. Bahkan, beberapa bahkan menyerukan larangan penelitian dan pengembangan di masa depan sampai kita memahami lebih banyak tentang betapa berbahayanya hal itu.

4. AI mungkin dapat membantu mendiagnosa kanker, memprediksi gempa bumi dan menciptakan bahan dan obat-obatan baru.

AI dapat membantu dokter untuk lebih memahami genom manusia, yang dapat membantu mereka menentukan perawatan mana yang paling efektif untuk setiap pasien. AI juga dapat digunakan untuk menganalisis data dalam jumlah besar dari perangkat pencitraan medis seperti CT scan, MRI dan sinar-X untuk menemukan tumor lebih cepat daripada yang bisa dilakukan manusia sendiri.

Selain membantu dokter membuat diagnosis yang lebih baik di rumah sakit di seluruh dunia, AI juga kemungkinan akan memainkan peran penting dalam mengembangkan obat yang disesuaikan secara khusus untuk kebutuhan setiap pasien berdasarkan gen atau variasi urutan DNA mereka – sebuah proses yang dikenal sebagai obat yang dipersonalisasi atau obat presisi.

5. Masih banyak yang belum kita ketahui tentang AI!

Anda mungkin tahu bahwa fakta tentang AI adalah teknologi yang memungkinkan mesin untuk berpikir seperti manusia. Tetapi tahukah Anda bahwa kecerdasan buatan juga masih dalam tahap awal?

Baru pada tahun 1956 program komputer pertama ditulis untuk bermain catur, dan baru pada tahun 1997 Deep Blue IBM mengalahkan juara dunia catur saat itu, Garry Kasparov. Saat ini, meskipun AI telah berkembang secara signifikan, masih banyak hal yang tidak kita pahami tentang AI – termasuk apa arti teknologi ini bagi masa depan kita!

AI akan membentuk dunia kita dengan - yang baru bisa kita pikirkan hari ini. Dan sementara beberapa orang telah menyuarakan keprihatinan tentang seperti apa perubahan-perubahan ini (dan yang lainnya telah mengabaikannya), satu hal yang jelas: Hal-hal yang tidak diketahui seputar AI membuat ini menjadi waktu yang sangat menarik bagi kita semua.

AI adalah teknologi yang berpotensi mengubah dunia. AI sudah digunakan dalam berbagai , dan dapat membantu kita memecahkan beberapa tantangan terbesar umat manusia – termasuk kanker, perubahan iklim, dan kemiskinan.

Tetapi masih banyak fakta yang belum kita ketahui tentang bagaimana menggunakan AI secara etis atau aman. Kita membutuhkan lebih banyak penelitian tentang dampak AI pada masyarakat sebelum kita dapat mengatakan apakah teknologi ini akan baik atau buruk bagi umat manusia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.