Mengenal Cianjur dari Berbagai Sudut

15 Tips Menggelar Buka Puasa Bersama yang Menyenangkan

0

Bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah dan menjadi kesempatan bagi kita untuk meningkatkan ibadah dan kebaikan. Salah satu tradisi yang selalu dilakukan saat bulan Ramadan adalah berbuka puasa bersama. Berbuka puasa bersama ini tidak hanya sekedar makan bersama, tapi juga dapat mempererat hubungan sosial antar sesama. Namun, menggelar acara buka puasa bersama tidaklah mudah. Berikut adalah beberapa untuk menggelar buka puasa bersama yang sukses dan meriah.

1. Tentukan Tema Acara

Tentukan tema acara yang akan diadakan. Dengan menentukan tema acara, akan memudahkan dalam menentukan dekorasi, menu, serta keseluruhan konsep acara. Contohnya, tema acara “Tradisi Ramadan” bisa menghadirkan nuansa klasik seperti penggunaan kain tenun, lampu gantung, serta penggunaan perabotan kayu.

2. Buat Daftar Tamu

Buat daftar tamu yang akan diundang. Penting untuk memperhitungkan jumlah tamu yang diundang agar persiapan acara bisa disesuaikan. Selain itu, pastikan juga menghubungi tamu undangan agar dapat memperkirakan berapa banyak yang harus disiapkan.

3. Siapkan Menu Buka Puasa

Siapkan menu buka puasa yang sesuai dengan tema acara dan selera tamu. Pilihlah menu yang mudah disajikan, seperti nasi goreng, sate, atau sop. Jangan lupa juga menyediakan penutup seperti es buah atau kue-kue tradisional. Untuk minuman, siapkan air mineral, jus, atau teh hangat.

4. Dekorasi dan Suasana

Dekorasi dan suasana acara juga perlu dipikirkan. Dekorasikan ruangan dengan hiasan khas Ramadan, seperti lampu gantung, karpet, dan bantal bersulam. Agar suasana semakin meriah, bisa juga menambahkan bunga segar dan lilin aromaterapi yang dapat memberikan kesan yang menyenangkan.

5. Jangan Lupa Shalat Maghrib

Jangan lupa waktu shalat Maghrib. Pastikan semua tamu yang hadir dapat menunaikan shalat Maghrib sebelum memulai acara buka puasa. Sediakan tempat yang nyaman dan sesuai untuk melaksanakan shalat Maghrib.

6. Persiapkan Hidangan Penutup

Hidangan penutup merupakan bagian penting dari acara buka puasa. Siapkan hidangan penutup yang sesuai dengan selera tamu. Jangan lupa menyediakan kue-kue tradisional seperti kolak, bubur ketan hitam, atau lapis legit.

7. Siapkan Peralatan Makan

Siapkan peralatan makan yang cukup untuk jumlah tamu yang diundang. Pastikan juga meja dan kursi sudah tersedia. Jangan lupa untuk menyediakan tisu basah dan air hangat untuk membersihkan tangan setelah makan.

8. Hiburan dan Games

Untuk menambah keseruan acara buka puasa bersama, siapkan hiburan dan games yang dapat dimainkan oleh seluruh tamu. Contohnya seperti permainan papan atau kartu, atau karaoke bersama. Pastikan hiburan dan games yang dipilih dapat diikuti oleh semua tamu yang hadir.

9. Berbagi Berkah dengan Orang yang Membutuhkan

Momen buka puasa bersama juga dapat menjadi kesempatan untuk berbagi berkah dengan orang yang membutuhkan. Selain mempersiapkan hidangan untuk tamu undangan, siapkan juga beberapa hidangan yang dapat disumbangkan untuk orang yang kurang mampu. Hal ini dapat memberikan kebahagiaan dan manfaat bagi orang yang membutuhkan.

10. Jangan Lupa Mengucapkan Selamat Berbuka Puasa

Sebelum memulai acara buka puasa, jangan lupa untuk mengucapkan selamat berbuka puasa kepada semua tamu yang hadir. Hal ini akan menambah keakraban antara host dan tamu.

11. Persiapkan Ruang Sholat

Selain persiapan , jangan lupa untuk menyediakan ruang sholat yang nyaman dan bersih. Selain itu, sediakan juga mukena dan sajadah yang cukup untuk jumlah tamu yang hadir.

12. Hindari Berat

Hindari menyajikan berat saat buka puasa bersama. Hal ini akan membuat tamu merasa kenyang terlalu cepat dan sulit menikmati hidangan lainnya. Sebaiknya, pilihlah yang ringan dan mudah dicerna, seperti sup, sayur, atau buah-buahan.

13. Siapkan Obrolan yang Menarik

Agar tamu tidak merasa bosan, siapkan obrolan yang menarik dan menghibur. Ajak tamu untuk berdiskusi mengenai topik-topik menarik, seperti cerita Ramadan, kisah sukses, atau pengalaman puasa. Ini akan menambah keakraban dan kebersamaan antara tamu.

14. Pastikan Ketersediaan Parkir

Pastikan tersedia tempat parkir yang cukup untuk tamu yang datang dengan kendaraan pribadi. Hal ini akan memudahkan tamu dalam mencari tempat parkir dan memastikan kelancaran acara.

15. Jangan Lupa Bersih-bersih

Setelah acara buka puasa bersama selesai, jangan lupa untuk membersihkan tempat dan peralatan makan yang telah digunakan. Hal ini akan memberikan kesan positif dan meninggalkan kenangan yang indah bagi tamu undangan.

Kesimpulan

Menggelar acara buka puasa bersama dapat menjadi momen yang menyenangkan dan penuh berkah. Dengan memperhatikan -tips di atas, acara buka puasa bersama dapat dijalankan dengan lancar dan sukses. Selamat mencoba!

Leave A Reply

Your email address will not be published.