Mengenal Cianjur dari Berbagai Sudut

15 Rekomendasi Cemilan di Bulan Puasa

0

Bulan puasa selalu diidentikan dengan sahur dan buka puasa. Namun, di antara waktu sahur dan buka puasa, biasanya banyak orang merasa lapar dan haus. Oleh karena itu, cemilan menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk mengisi perut saat berpuasa. Berikut adalah beberapa rekomendasi cemilan yang dapat dicoba selama bulan puasa.

1. Kolak

Kolak adalah salah satu cemilan yang populer di bulan puasa. Kolak terbuat dari pisang yang diiris tipis, nangka, ubi, dan kadang-kadang jagung. Bahan-bahan tersebut kemudian dimasak dengan santan, gula, dan air pandan. Rasanya manis dan segar, cocok untuk mengisi perut saat berbuka puasa.

2. Bubur Ketan Hitam

Bubur ketan hitam adalah salah satu cemilan yang lezat dan mudah dibuat. Bahan utamanya adalah ketan hitam yang dimasak dengan santan dan gula merah. Cemilan ini cocok untuk disantap saat sahur atau berbuka puasa.

3. Es Buah

Es buah adalah cemilan yang segar dan menyehatkan. Es buah terbuat dari campuran buah-buahan segar seperti semangka, melon, nanas, dan jeruk nipis. Buah-buahan tersebut dicampur dengan sirup, susu kental manis, dan es serut. Es buah dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menghilangkan dahaga saat berpuasa.

4. Kue Lumpur

Kue lumpur adalah cemilan tradisional yang populer di Indonesia. Kue ini terbuat dari tepung ketan, gula, dan santan. Biasanya kue ini diisi dengan kelapa parut, gula merah, dan kacang hijau. Kue lumpur dapat menjadi cemilan yang cocok disantap saat sahur atau berbuka puasa.

5. Martabak

Martabak adalah cemilan yang terbuat dari adonan tepung terigu yang diisi dengan berbagai bahan seperti telur, daging, dan sayuran. Martabak biasanya dihidangkan dengan saus kacang atau saus pedas. Cemilan ini cocok untuk mengisi perut saat sahur atau berbuka puasa.

6. Pisang Goreng

Pisang goreng adalah cemilan yang sangat populer di Indonesia. Pisang goreng terbuat dari pisang yang dicelupkan ke dalam adonan tepung dan kemudian digoreng. Pisang goreng biasanya disajikan dengan saus coklat atau saus keju. Cemilan ini cocok untuk mengisi perut saat sahur atau berbuka puasa.

7. Dadar Gulung

Dadar gulung adalah cemilan tradisional Indonesia yang terbuat dari tepung terigu, telur, santan, dan gula. Adonan dadar kemudian diisi dengan kelapa parut yang telah dicampur dengan gula merah. Cemilan ini cocok untuk disantap saat sahur atau berbuka puasa.

8. Putu Mayang

Putu mayang adalah tradisional Indonesia yang terbuat dari tepung beras yang diaduk dengan air dan dibentuk menjadi untaian melingkar seperti mie. Putu mayang disajikan dengan kuah santan dan gula merah cair. Meskipun putu mayang biasanya disajikan pada hari raya atau acara tertentu, tetapi juga dapat dijadikan cemilan di bulan puasa karena rasanya yang lezat dan kaya akan energi.

9. Sate Padang

Sate Padang adalah khas Sumatra Barat yang terbuat dari daging sapi atau kambing yang dipotong kecil-kecil dan ditusuk dengan tusuk sate. Sate ini kemudian disajikan dengan kuah kacang dan ketupat. Sate Padang cocok untuk menjadi berat saat sahur atau berbuka puasa.

10. Risoles

Risoles adalah cemilan yang terbuat dari adonan tepung terigu yang diisi dengan sayuran atau daging cincang. Risoles kemudian digoreng hingga matang. Cemilan ini cocok untuk disantap saat sahur atau berbuka puasa.

11. Bakso

Bakso adalah bola daging yang biasanya terbuat dari daging sapi atau ikan. Bakso disajikan dalam kuah kaldu atau digoreng dan disajikan dengan saus sambal dan mie. Bakso cocok untuk menjadi berat saat sahur atau berbuka puasa.

12. Kerupuk

Kerupuk adalah cemilan yang terbuat dari tepung terigu atau singkong yang digoreng hingga kering dan renyah. Kerupuk tersedia dalam berbagai varian, seperti kerupuk udang, kerupuk sayur, dan kerupuk amplang. Cemilan ini cocok untuk menghilangkan lapar saat berpuasa.

13. Lemper

Lemper adalah cemilan tradisional Indonesia yang terbuat dari ketan yang diisi dengan daging ayam atau ikan. Lemper kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dikukus hingga matang. Cemilan ini cocok untuk disantap saat sahur atau berbuka puasa.

14. Lontong Sayur

Lontong sayur adalah yang terdiri dari lontong, sayuran, dan kuah santan yang kental. Sayuran yang biasanya digunakan adalah taoge, kacang panjang, dan labu siam. Lontong sayur cocok untuk menjadi berat saat sahur atau berbuka puasa.

15. Onde-onde

Onde-onde adalah cemilan yang terbuat dari adonan tepung ketan yang diisi dengan kacang hijau yang sudah manis. Onde-onde kemudian digoreng hingga matang. Cemilan ini cocok untuk mengisi perut saat sahur atau berbuka puasa.

Setiap orang memiliki selera dan preferensi yang berbeda-beda dalam memilih cemilan saat berpuasa. Namun, dengan rekomendasi cemilan di atas, diharapkan dapat membantu Anda dalam memilih cemilan yang cocok untuk mengisi perut selama bulan puasa.

Kesimpulan

Bulan puasa menjadi saat yang spesial bagi umat Muslim di seluruh dunia. Selain menjalankan ibadah puasa, mengisi perut dengan cemilan yang tepat juga menjadi bagian dari tradisi bulan puasa. Rekomendasi cemilan di atas dapat menjadi pilihan yang tepat untuk mengisi perut saat sahur atau berbuka puasa.

Leave A Reply

Your email address will not be published.