Mengenal Cianjur dari Berbagai Sudut

Resiko Tidak Melakukan Pemanasan Sebelum Olahraga

0
Ada 3 hal yang bisa terjadi kalau tidak pemanasan sebelum olahraga. Setiap hari kita disarankan untuk berolahraga, olahraga sangat penting untuk tubuh.  Ada banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan mulai dari jalan kaki, lari, lompat tali, sampai olahraga permainan.

 

Sebelum olahraga kita sebaiknya pemanasan dulu, supaya suhu tubuh meningkat dan detak jantung jadi lebih cepat. Pemanasan juga bertujuan supaya darah dan oksigen yang mengalir ke otot bisa lebih banyak. Lalu apa yang akan terjadi kalau kita tidak melakukan pemanasan sebelum olahraga ??? cari tahu yuk …..

 

Mudah cedera
Pada saat olahraga otot tubuh akan mendapatkan tekanan lebih besar dari biasanya,  hal ini membuat otot tubuh membutuhkan darah dan oksigen lebih banyak. Nah tidak melakukan pemanasan menyebabkan otot hanya menerima darah dan oksigen yang sedikit, hal ini membuat otot jadi tidak punya cukup tenaga untuk menahan tekanan saat olahraga. Kalau sudah begitu otot tubuh kita jadi akan lebih mudah mengalami cedera.

 

Cepat lelah
Saat melakukan pemanasan darah dan oksigen akan masuk kedalam otot dan menjadi sumber tenaga untuk olahraga. Tak hanya itu sendiri di tubuh kita juga jadi longgar saat kita melakukan pemanasan, sendi yang longgar ini membuat kita jadi lebih leluasa melakukan gerakan olahraga. KKalau tidak pemanasan kita akan kekurangan tenaga dan sendi juga akan terasa kaku saat digerakkan. Akibatnya kita akan lebih cepat merasa lelah walaupun berolahraga sebentar.

 

Fokus terganggu
Saat pemanasan darah tidak hanya mengalir ke otot, tapi juga ke otak. Darah yang mengalir ke otak, bisa membantu meningkatkan konsentrasi saat olahraga. Kalau tidak pemanasan darah yang mengalir ke otak hanya sedikit, dan membuat kita jadi tidak fokus. Tidak fokus saat olahraga bisa menyebabkan cedera loh, maka itu penting lakukan pemanasan sebelum olahraga.
Leave A Reply

Your email address will not be published.