Mengenal Cianjur dari Berbagai Sudut

Pesona Kebun Raya Cibodas di Cianjur, Wisata Alam yang Indah

0

Kebun Raya Cibodas merupakan salah satu tempat yang paling populer di kawasan Cibodas, Cipanas, .

Berbeda dengan Mandalawangi Cibodas atau Gunung Gede Pangrango, Kebun Raya Cibodas dapat dikunjungi oleh seluruh anggota keluarga yang ingin menikmati keindahan kebun raya yang cukup legendaris ini.

Sejarah Singkat Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas, juga dikenal sebagai Cibodas Botanical Garden, terletak di Kompleks Hutan Gunung Gede Pangrango, Desa Cimacan, Cipanas, .

Dengan topografi bergelombang dan berbukit-bukit serta ketinggian 1.275 meter di atas permukaan laut, suhu udara di kebun ini berkisar antara 17 hingga 27 derajat Celsius.

Berdiri pada tahun 1852 oleh Johannes Elias Teijsmann sebagai cabang dari Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Cibodas didedikasikan untuk mengoleksi tumbuhan dataran tinggi basah tropika, termasuk berbagai jenis tumbuhan runjung dan paku-pakuan.

Pada tahun 2003, Kebun Raya Cibodas menjadi lembaga mandiri dengan status sebagai Unit Pelaksana Teknis Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas di bawah Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor yang merupakan bagian dari Kedeputian Ilmu Pengetahuan Hayati Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Kini, Kebun Raya Cibodas – LIPI memiliki lebih dari 10.792 koleksi tanaman, 700 jenis koleksi tumbuhan langka (bill), dan 4.852 koleksi herbarium.

Koleksi tanaman di kebun ini terdiri dari dua bagian, yaitu koleksi di kebun dan koleksi di rumah kaca.

Pesona Kekayaan Alam Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas menawarkan lebih dari 5.831 contoh tanaman dari hampir 1.206 spesies yang dapat dinikmati oleh pengunjung.

Selain menjadi rumah bagi berbagai jenis tumbuhan yang indah, Kebun Raya Cibodas juga menyediakan banyak spot menarik untuk berbagai aktivitas rekreasi keluarga.

Beberapa spot menarik yang dapat dikunjungi di Kebun Raya Cibodas antara lain:

Taman Paku

Koleksi paku-pakuan pegunungan, runjung, dan tusam menjadi daya tarik utama di taman ini, yang sering dijadikan tempat penelitian.

Taman Lumut

Dengan koleksi hampir 216 jenis lumut hati dan lumut, taman ini menjadi tempat menarik bagi para pecinta flora.

Taman Sakura

Di Kebun Raya Cibodas, Anda dapat menemukan taman Sakura yang memikat. Anda tak perlu jauh-jauh ke Jepang untuk menikmati keindahan bunga sakura, karena Kebun Raya Cibodas telah menyediakannya.

Rumah Kaca

Tempat budidaya berbagai koleksi tanaman indoor yang menjaga kondisi suhu ruangan agar sesuai dengan habitat aslinya. Di rumah kaca ini, Anda akan menemukan koleksi kaktus, anggrek, dan sukulen.

Kebun Obat Herbal

Kebun ini memiliki koleksi tanaman obat dari berbagai daerah, termasuk Centella asiatica (pegagan) yang dipercaya dapat meningkatkan daya ingat.

Bunga Bangkai

Meski jarang terjadi, bunga bangkai yang mempesona pernah mekar di Kebun Raya Cibodas. Peristiwa mekarnya bunga bangkai menjadi momen istimewa yang banyak ditunggu oleh pengunjung.

Air Terjun Ciismun

Air terjun yang berada di Kebun Raya Cibodas ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter dan lebar di bawahnya mencapai 5 meter. Pesona air terjun ini membuat perjalanan panjang menuju tempat ini terbayarkan.

Tidak hanya menikmati keindahan berbagai koleksi tumbuhan, Anda dan keluarga juga dapat bermain di taman yang terlihat cantik dengan berbagai jenis landscape yang menarik, seperti padang rumput, pohon rindang, dan kolam indah.

Harga Tiket Masuk

Untuk menikmati segala keindahan yang ditawarkan oleh Kebun Raya Cibodas, Anda cukup membayar tiket satu kali saja. Saat ini, tarif tiket masuk Kebun Raya Cibodas adalah Rp 9.500,- per orang.

Sementara itu, untuk kendaraan roda dua dikenakan tarif sebesar Rp 5.000,- per motor, dan kendaraan roda empat dikenakan tarif Rp 16.000,- per mobil. Semua tiket tersebut sudah termasuk asuransi jasa raharja putera.

Selamat menikmati keindahan alam Kebun Raya Cibodas yang memukau dan jadikan momen berharga bersama keluarga di antara pesona kekayaan tumbuhan yang menakjubkan!

Leave A Reply

Your email address will not be published.