Mengenal Cianjur dari Berbagai Sudut

Mengharukan, Ini Rekomendasi Film yang Cocok Ditonton pada Hari Ayah

0

Kalian tau ngak bahwa setiap 12 November, Indonesia merayakan Hari Ayah Nasional. Ini sebagai bentuk penghargaan bagi seluruh ayah yang merupakan sosok bijaksana, pelindung untuk keluarganya.

Memang terdapat perbedaan dibeberapa negara perihal kapan hari ayah dirayakan. Namun ini sama sekali tidak mengurangi esensinya sedikitpun.

Hari Ayah Nasional biasanya diperingati pada tanggal 12 November setiap tahunnya. Hari ini ditujukan sebagai bentuk apresiasi kepada sosok ayah yang luar biasa dan tidak kenal lelah untuk keluarganya.

Sosok ayah yang rela banting tulang bahkan menukar jiwanya demi anak dan istri sungguh tidak bisa dideskripsikan pengorbanannya. Sosok ayah harus selalu kuat karena Ialah yang bisa menjadi sandaran jikalau anggota keluarganya sedang rapuh.

Terkadang sosok ayah punya sikap yang keras dan tegas, tapi kita sebagai anak tentu harus menghargai usahanya dalam mendidik dan mendisiplinkan keluarganya. Adanya sosok ayah, bisa membentuk pribadi kita menjadi sosok yang mandiri dan kuat.

Untuk merayakan Hari Ayah Nasional, kamu bisa mengisi waktu dengan menonton film-film mengharukan dan inspiratif yang menceritakan sosok ayah, lho. Simak daftar filmnya di bawah ini ya.

The Pursuit of Happyness

Film biografi drama Amerika Serikat yang rilis pada tahun 2006 ini dibintangi oleh Will Smith, Jaden Smith, Thandie Newton dan Castellaneta.

Film ini diproduseri langsung oleh Will Smith sendiri bersama Steve Tisch, James Lassiter, Todd Black dan Jason Blumenthal. Diangkat dari kisah nyata seseorang bernama Chris Gardner yang merupakan seorang pebisnis.

Berlatarkan tahun 1981, Chris yang mempertaruhkan hartanya rela menjadi tunawisma demi membeli alat scanning tulang elektrik dengan harga selangit karena percaya bisa terjual kembali dengan harga tinggi.

Namun sayang usahanya gagal hingga Ia mengalami kesulitan finansial. Istrinya yang bekerja sebagai buruh pabrik meninggalkan Chris dan anaknya, Christopher.

Disinilah kisah Chris dan Christopher dimulai, perjuangan sosok ayah untuk menghidupi anaknya di jalanan karena tidak punya apa-apa lagi. Kisah mereka bisa membuat kamu haru dan dapat nilai-nilai positif yang bisa dipetik.

Miracle in Cell No 7

 

Film asal negeri Ginseng yang dirilis pada tahun 2013 ini sukses besar di berbagai belahan dunia hingga saat ini sudah dibuat versi Turki dan Indonesia.

Film ini dibintangi oleh Ryu Seung-ryongKal So-won dan Park Shin-hye. Kisah haru tentang seorang ayah cacat mental bernama Lee Yong Goo, yang hidup bersama putri semata wayangnya bernama Yesung.

Kisahnya dimulai ketika Lee Yong Goo menjadi tersangka kasus pembunuhan dan pemerkosaan anak di bawah umur. Yong Goo pun terpaksa harus mendekam di penjara yang punya tingkat keamanan tinggi.

Yesung yang tiap hari merindukan sosok ayahnya pun diam-diam menyelinap ke dalam penjara demi menemui ayahnya. Hingga pada akhirnya, Yesung harus menerima kenyataan pahit atas hukuman yang diberikan kepada ayahnya. Jangan lupa siapin tisu yang banyak ya, guys!

Fatherhood

Film original Netflix yang rilis pada tahun 2021 ini mengisahkan tentang Matthew Logelin, diperankan oleh Kevin Hart, yang berusaha membesarkan anak perempuannya sendiri karena kepergian istrinya setelah melahirkan anak mereka, yang diberi nama Maddy.

Matthew harus menjadi single father sekaligus menggatikan sosok ibu untuk Maddy. Perjuangannya untuk membesarkan Maddy seorang diri dimulai dari hal-hal yang merepotkan hingga hal-hal yang menggelitik perut penonton. Matthew juga merasa kewalahan karena tinggal jauh dari keluarganya.

Perjuangannya belum berakhir hingga Maddy beranjak tumbuh dan masuk sekolah, penasaran dengan tingkah-tingkah lucu dan mengharukan Matthew dan Maddy? Yuk siapin akun Netflix kalian!

Ayah Mengapa Aku Berbeda?

Film drama Indonesia yang rilis pada tahun 2011 ini dibintangi oleh Surya Saputra, Dinda Hauw, Indra Perdana Sinaga dan disutradarai oleh Findo Purwono HW.

Film ini mengisahkan tentang gadi cantik bernama Angel. Sejak bayi, Angel sudah dinyatakan tuna rungu dan ibunya meninggal dunia saat melahirkannya.

Ketika tumbuh dewasa, dirinya menjadi sosok yang cerdas layaknya anak seusianya. Angel memasuki sekolah umum yang kadang membuat dirinya merasa tidak nyaman dan ‘berbeda' dari teman-temannya yang lain.

Karena Angel mulai minder dengan keterbatasan juga lingkungannya yang kadang tidak berpihak kepadanya, disinilah sosok seorang ayah bertindak.

Ayahnya mencoba mendukung, selalu ada di sisinya dan meyakinkan putri spesialnya untuk terus semangat dalam menjalani hari-harinya juga mengejar mimpi-mimpinya. Tentunya film ini sangat inspiratif ya, guys, dengan segala keterbatasannya Angel tetap berjuang untuk melewati hari-harinya walaupun terasa berat.

Searching

Film yang dibintangi oleh John Cho dan Michelle La ini rilis pada tahun 2018. Mengisahkan tentang seorang ayah bernama David Kim (John Cho), yang kehilangan putrinya berumur 16 tahun, Margot (Michelle La), secara misterius.

Tidak ada jejak Margot sama sekali hingga kesulitan untuk menemukan keberadaan putrinya tersebut. Akhirnya David pun melakukan segala untuk menemukan putrinya, salah satunya bekerjasama dengan seorang detektif, Rosemary Vick (Debra Messing).

Selain kisah haru seorang ayah yang mencari keberadaan putrinya, kamu juga akan disuguhkan dengan visual film ini yang unik karena beberapa scene menggunakan sudut pandang layar komputer. David juga menelusuri jejak digital sang putri seperti postingan media sosial hingga chat room. Bikin penasaran kan, guys? Ada plot twist loh di film ini.

Train To Busan

Film bertema zombie ini memang punya genre yang berbeda dari kebanyakan film tentang perjuangan ayah lainnya. Film asal Korea Selatan yang dibintangi aktor senior Gong Yoo ini rilis pada tahun 2016 dan meledak pada masanya.

Film ini berhasil mencetak rekor sebagai film Korea pertama dengan 10 juta penonton dan tayang di Festival Film Cannes 2016. Mengisahkan tentang Seok Woo, manajer keuangan di salah satu perusahaan yang berangkat ke Busan dengan putri kecilnya untuk merayakan ulang tahun sang putri tercinta.

Kebetulan, Seok Woo baru saja bercerai dengan istrinya. Ketika akan berangkat, ada seorang wanita yang memiliki luka di kaki masuk ke dalam kereta, namun tidak disangka-sangka wanita tersebut menyerang seorang petugas di kereta yang tengah menolongnya.

Dari situlah diketahui bahwa wanita tersebut terserang virus misterius dan menjadi zombie. Kisah menegangkan Seok Woo beserta penumpang kereta lainnya dimulai, dengan banyaknya manusia yang terinfeksi di dalam kereta, Ia harus melindungi dan berkorban banyak untuk putri satu-satunya.

Kira-kira berhasilkah Seok Woo dan putrinya keluar dari ancaman zombie di kereta menuju Busan tersebut?

The Father

Film yang dirilis pada tanggal 22 Januari 2020 lalu ini disutradarai oleh Florian Zeller secara perdana di Festival Film Sundance. Film ini dibintangi oleh Anthony Hopkins, Olivia Colman, Mark Gatiss, Imogen Poots, Rufus Sewell dan Olivia Williams. Menceritakan tentang sosok ayah (Anthony) dan anak perempuannya (Anne).

Sang ayah mengalami penurunan daya ingat dan berpikir karena mengidap demensia. Konflik pun dimulai ketika sang ayah yang ingin selalu dirawat oleh anaknya namun sang anak tidak bisa, sehingga dikirimilah seorang perawat.

Alur cerita dari film ini berubah-ubah, sesuai dengan yang ada di pikiran Anthony karena sudut pandangnya diambil dari Anthony.

Pelajaran yang bisa dipetik dari film ini, bagaimana pun kondisi orang tua kalian, jangan lupa untuk selalu ada di sisi mereka ya. Ingat, guys, jangan sampai menyesali waktu yang kamu sia-siakan untuk orang tua ya.

………

Jadi film mana yang mau kamu nikmati untuk mengisi waktu luang bersama ayah atau keluarga tercinta di tanggal 12 nanti? Jangan lupa untuk luangkan waktu kamu untuk ayah dan keluarga yang masih diberi oleh Tuhan yang Maha Esa.

Ketulusan orang tua tidak perlu dibayar dengan kemewahan, karena bagi mereka kebersamaan adalah hal yang utama. Jangan lupa sayangi dan dampingi ayah-ibu di rumah sampai tua nanti. Selamat Hari Ayah Nasional.

Leave A Reply

Your email address will not be published.