Mengenal Cianjur dari Berbagai Sudut

Ikan Mas Pesmol, Kuliner Khas Cianjur yang Menggugah Selera

0

, sebuah kota yang dikenal dengan khasanah yang beragam. Salah satu khas yang sangat terkenal di Cianjur adalah Ikan Mas Pesmol.

Ikan Mas Pesmol adalah hidangan berbumbu kuning khas Cianjur yang menggunakan campuran rempah-rempah seperti kemiri, kunyit, dan jahe.

Meskipun bahan-bahannya terlihat banyak, namun pembuatannya sangat sederhana dan mudah.

Ikan Mas Pesmol sangat disukai oleh masyarakat Indonesia karena memiliki rasa yang gurih, asam, manis, dan pedas.

Selain itu, harganya juga terjangkau, sehingga menjadi salah satu favorit di Cianjur.

Bahan utama yang digunakan dalam hidangan Pesmol umumnya adalah ikan. Hal ini wajar mengingat Cianjur dikenal sebagai salah satu sentra ikan di Jawa Barat.

Di Cianjur, terdapat beberapa sentra ikan seperti Waduk Cirata atau kolam-kolam milik masyarakat yang menghasilkan ikan dalam jumlah yang melimpah.

Ikan Mas adalah jenis ikan yang paling sering digunakan dalam hidangan Pesmol.

Bahkan, di seluruh Cianjur kita dapat menemukan rumah makan yang khusus menyajikan Ikan Mas Pesmol. Hidangan ini terlihat mirip dengan Ikan Bandeng Bumbu Kuning.

Kemiripan ini mungkin disebabkan oleh penggunaan kunyit yang memberikan warna kuning pada bumbu.

membuat Ikan Mas Pesmol cukup sederhana. Pertama, cuci bersih ikan dan lumuri dengan air jeruk nipis, kunyit, dan garam.

Diamkan selama 15 menit, lalu goreng ikan hingga matang dan berwarna keemasan. Setelah itu, tiriskan dan sisihkan.

Selanjutnya, haluskan bawang merah, kemiri, lengkuas, jahe, kunyit, garam halus, dan gula pasir dengan menggunakan ulekan atau blender. Panaskan minyak goreng dan tumis bumbu halus.

Tambahkan daun salam dan serai yang telah dimemarkan. Setelah tumisan mengeluarkan aroma harum, tambahkan gula pasir, garam halus, dan air bersih.

Masak hingga air mengental. Koreksi rasanya sesuai selera. Tambahkan cabai merah, cabai rawit, dan bawang merah utuh. Aduk rata.

Masukkan ikan mas yang telah digoreng, aduk hingga merata. Angkat dan sajikan di atas piring saji.

Rumah makan di Cianjur biasanya menawarkan menu Pesmol dengan olahan ikan lainnya seperti Gurame, Kembung, atau bahkan Udang. Namun, yang menjadi primadona di antara semua itu adalah Ikan Mas Pesmol.

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Cianjur tanpa mencicipi Ikan Mas Pesmol, seperti makan sayur tanpa garam, alias hambar.

Terutama di sekitar Cianjur Kota dan kawasan Waduk Cirata dengan rumah makan terapungnya, Anda akan menemukan beragam pilihan tempat makan yang menyajikan Ikan Mas Pesmol yang selalu dicari oleh para pecinta .

Akhir pekan ini, cobalah merasakan khas Cianjur ini. Kami jamin Anda akan ketagihan.

Dengan cita rasa yang unik dan khas, serta kelezatannya yang menggugah selera, Ikan Mas Pesmol adalah hidangan yang sayang untuk dilewatkan.

Nikmati kelezatan khas Cianjur ini dan lestarikan warisan tradisional. Selamat menikmati!

Leave A Reply

Your email address will not be published.