Mengenal Cianjur dari Berbagai Sudut

5 Bahan-Bahan yang Sering Terlupakan Saat Memasak

0

Memasak adalah sebuah kegiatan yang sangat menyenangkan, terutama jika Anda bisa mengolah bahan-bahan yang berbeda dengan yang kreatif. Saat ini, banyak bahan-bahan yang sudah sangat terkenal dan biasa digunakan dalam memasak, seperti bawang merah, bawang putih, garam, dan merica. Namun, ada juga bahan-bahan yang sering terlupakan dan jarang digunakan dalam saat memasak. Padahal, bahan-bahan tersebut bisa memberikan rasa yang unik dan berbeda pada masakan Anda.

Bahan-Bahan yang Sering Terlupakan Saat Memasak

Berikut adalah beberapa bahan-bahan yang sering terlupakan dan bisa Anda gunakan untuk menghasilkan masakan yang lezat dan berbeda:

  1. Daun Pandan

Daun pandan adalah salah satu bahan yang sering digunakan dalam masakan Asia Tenggara, terutama di Indonesia. Biasanya, daun pandan digunakan sebagai pewarna dan penyedap pada masakan seperti nasi kuning, kue, dan . Namun, sebenarnya daun pandan juga bisa digunakan dalam masakan yang lebih berat, seperti gulai atau semur. Anda bisa menambahkan beberapa helai daun pandan saat merebus daging atau ayam untuk memberikan rasa yang lebih segar dan aromatik pada masakan.

  1. Ikan Asin

Ikan asin merupakan bahan yang cukup terlupakan, terutama di kota-kota besar. Padahal, ikan asin bisa memberikan rasa yang sangat lezat pada masakan, terutama jika digunakan sebagai bumbu pada sayuran atau tumisan. Anda bisa mencoba menggoreng ikan asin terlebih dahulu sebelum menggunakannya sebagai bumbu, agar rasanya lebih gurih dan renyah.

  1. Biji Kemiri

Biji kemiri sering digunakan sebagai bahan untuk membuat sambal atau bumbu kacang. Namun, biji kemiri juga bisa digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat saus kacang atau bumbu pada masakan daging. Anda bisa menumbuk biji kemiri dan mencampurnya dengan bahan-bahan lain, seperti bawang putih dan jahe, untuk membuat bumbu yang sangat lezat.

  1. Daun Jeruk Purut

Daun jeruk purut sering digunakan sebagai bahan untuk membuat atau sebagai penyedap pada masakan sayur. Namun, sebenarnya daun jeruk purut juga bisa digunakan sebagai bumbu pada masakan daging atau ayam. Anda bisa mencampurkan daun jeruk purut dengan bumbu lain, seperti ketumbar dan kunyit, untuk membuat bumbu yang sangat aromatik dan lezat.

  1. Kacang Hijau

Kacang hijau biasanya digunakan sebagai bahan untuk membuat pencuci mulut, seperti bubur kacang hijau atau es kacang hijau. Namun, sebenarnya kacang hijau juga bisa digunakan sebagai bahan untuk membuat tumisan atau sayuran. Anda bisa merebus kacang hijau terlebih dahulu sebelum digunakan, agar rasanya lebih lunak dan mudah untuk dicampur dengan bahan-bahan lain.

Demikianlah beberapa bahan-bahan yang sering terlupakan dalam memasak dan bisa Anda manfaatkan untuk memberikan rasa yang berbeda pada masakan Anda. Selain itu, penggunaan bahan-bahan yang terlupakan ini juga dapat memberikan nilai tambah pada masakan Anda, sehingga akan semakin menggugah selera makan Anda dan keluarga.

Leave A Reply

Your email address will not be published.